<p>Cara menghilangkan kecemasan saat rapat online ketika WFH/freepik.com</p>
Gaya Hidup

Khawatir Terkena PHK? Ini Cara Membantu Keuangan Anda Tetap Stabil

  • Inilah cara membantu menyelamatkan keuangan Anda agar tetap stabil selama pandemi agar tidak lagi khawatir terkena PHK
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA -   Pandemi membawa beberapa kekhawatiran untuk sebagian besar orang, yaitu kehilangan mata pencaharian. 

Selain itu, dengan adanya varian Omicron seperti saat ini, tidak mengherankan jika sebagian besar pekerja mungkin akan khawatir kehilangan pekerjaan atau terkena PHK.

Jika Anda khawatir terkena PHK yang akan berdampak pada kondisi finansial atau keuangan Anda, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Kembangkan Keterampilan

Menjadi karyawan yang memiliki pengetahuan luas akan membuat atasan Anda berpikir ulang jika ingin melepas Anda dari perusahaan. Oleh karena itu, pikirkan tentang keterampilan apa yang akan membuat Anda menjadi anggota tim yang lebih berharga. Anda juga bisa belajar keterampilan baru yang dapat meningkatkan nilai Anda bagi perusahaan.

Terlibat dengan Tim Lain

Anda mungkin terbiasa bekerja dengan satu tim di pekerjaan Anda. Tetapi jika Anda dapat berkembang dan berkolaborasi dengan tim lain, Anda akan menjadi bagian yang penting dari keseluruhan operasi perusahaan. Itu artinya, perusahaan akan kesulitan jika Anda keluar dari perusahaan tersebut.

Lebih Bermanfaat

Jadilah sosok di perusahaan yang mau membantu jika ada rekan kerja yang merasa kesulitan. Selain itu, Anda juga bisa menunjukkan bahwa Anda berani terlibat mempelopori proyek baru, di saat rekan-rekan Anda terlalu takut untuk mengambil kesempatan tersebut.

Kembangkan Keterampilan yang Tidak Dimiliki oleh Orang Lain

Anda mungkin bukan satu-satunya orang di perusahaan yang tahu cara menganalisis data atau memperhatikan detail dengan cermat. Akan tetapi, jika ada keterampilan yang tampaknya tidak dimiliki siapapun yang dapat bermanfaat bagi perusahaan Anda, seperti terampil dengan perangkat lunak tertentu atau bahasa pemrograman, Anda bisa mengembangkannya agar dapat memberi Anda keamanan tambahan dalam bekerja. Anda bahkan juga bisa menggunakan keterampilan tersebut untuk melamar pekerjaan lain yang berbeda dengan karier Anda sekarang.

Lindungi Finansial Anda

Kehilangan pekerjaan bisa sangat berdampak pada kondisi keuangan Anda. Namun, Anda bisa melakukan beberapa hal yang bisa menurunkan risiko keuangan yang menjadi tidak stabil saat di-PHK. 

Anda bisa mencoba mencari pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu tanggung jawab Anda di pekerjaan utama. Jadi, jika Anda diberhentikan, maka Anda masih memiliki sejumlah pendapatan yang bisa membantu Anda untuk bertahan hidup. Selain itu, pekerjaan sampingan juga dapat meningkatkan tabungan Anda, dan bisa digunakan untuk dana darurat.