Transjakarta berhenti di Halte Rasuna Said
Transportasi dan Logistik

Khusus di Hari Pelantikan Prabowo-Gibran, Transjakarta Modifikasi Rute

  • Khusus di hari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 20 Oktober 2024, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan tarif hanya Rp1 untuk layanan Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta.

Transportasi dan Logistik

Debrinata Rizky

JAKARTA - Menuju pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dam Gibran Rakabuming Raka pada Minggu 20 Oktober 2024  PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan penyesuaian waktu operasional dan modifikasi rute, untuk mendukung gelaran pesta rakyat dalam rangka pelantikan Presiden dan wakil presiden terpilih.

Kepala Departemen Humas dan CSR PT Transjakarta Ayu Wardhani menyebut,  penyesuaian ini dilakukan pada 28 rute yang terdampak. Terdiri dari 12 rute Bus Rapid Transit (BRT), 13 Angkutan Umum Terintergrasi dan tiga layanan bus wisata.

Ayu merinci, ada beberapa upaya mitigasi yang dilakukan seperti melakukan modifikasi lintasan, hingga penyesuaian waktu operasional. Selain itu Transjakarta juga tidak mengoperasikan tiga  bus wisata yakni BW1 (Sejarah Jakarta), BW2 (Monas Explorer) dan BW4 (Pencakar Langit).

“Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan pesta rakyat secara langsung, dalam rangka  pelantikan Presiden dan Wakil presiden besok diharapkan bisa menyesuaikan perjalanan,” ujar Ayu di Jakarta pada 19 Oktober 2024.

Ayu menambahkan, pada saat pelantikan Transjakarta juga memberlakukan mitigasi dengan  penerapan penyesuaian waktu layanan untuk rute 1B, 1F, 1H, 1N, 1P, 1R, 6A, 6B, 9C yang  beroperasi pukul 05.00 - 10.00 WIB dan 16.00 - 22.00 WIB.

Transjakarta juga melakukan penyesuaian jam operasional dan modifikasi layanan di 17 rute  seperti 1, 1A, 2, 2A, 2P, 3, 3F, 4C, 5C, 5M, 6D, 6M, 6V, 7F, 9D, 10H, 14A, beroperasi pukul 10.00  hingga 16.00 WIB.

Selain itu pelanggan juga dapat memperbaharui informasi melalui kanal media sosial resmi  Transjakarta dan mengakses aplikasi TJ: Transjakarta untuk mendapatkan informasi terkini  terkait layanan Transjakarta dengan mudah dan cepat.

Tarif jadi Rp1 Rupiah 

Khusus di hari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 20 Oktober 2024, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan tarif hanya Rp1 untuk layanan Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta.

Kadishub  DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan penerapan tarif Rp1 ini dapat dimanfaatkan masyarakat bersamaan dengan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029 pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Syafrin menuturkan, penerapan tarif Rp1 ini menjadi sarana untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan transportasi publik di Jakarta, sekaligus memperkenalkan ragam transportasi publik di Jakarta.

“Hadiah istimewa ini diharapkan dapat dinikmati oleh semua masyarakat Jakarta karena masyarakat bisa menikmati transportasi publik Jakarta dengan tarif terjangkau," kata Syafrin.