<p>KIA Sonet/KIA</p>
Gaya Hidup

Kia Sonet, Pemain Baru di Kelas SUV Kompak

  • NEW DELHI-Kia Motors resmi meluncurkan SUV sub-kompak Sonet dan India akan menjadi pasar pertama yang diincar. Wajar karena mobil itu memang diproduksi di negara tersebut. Persaingan SUV di segmen kompak akan sengit karena Kia Sonet menantang Hyundai Venue, Maruti Suzuki Vitara Brezza, dan Nissan Magnite. “Penjualan mobil baru akan segera dimulai di India, dengan penjualan […]

Gaya Hidup
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

NEW DELHI-Kia Motors resmi meluncurkan SUV sub-kompak Sonet dan India akan menjadi pasar pertama yang diincar. Wajar karena mobil itu memang diproduksi di negara tersebut.

Persaingan SUV di segmen kompak akan sengit karena Kia Sonet menantang Hyundai Venue, Maruti Suzuki Vitara Brezza, dan Nissan Magnite.

“Penjualan mobil baru akan segera dimulai di India, dengan penjualan di banyak pasar global Kia akan menyusul,” tulis pernyataan perusahaan. Hal itu seperti dikutip dari Indian TImes, Minggu 9 Agustus 2020.

Kia Sonet akan ditawarkan dengan tiga pilihan mesin, yakni bensin 1,2 liter, bensin turbo 1,0 liter dan turbo diesel 1,5 liter.

Mesin itu dapat digabungkan dengan transmisi manual 5-kecepatan atau DCT 6-kecepatan, atau gearbox iMT 6-kecepatan baru.

Perpindahan Manual

SUV ini juga hadir dengan teknologi iMT baru di mana gearbox iMT 6-percepatan akan memungkinkan perpindahan tanpa kopling dengan kontrol level perpindahan manual. Hingga saat ini, fitur tersebut hanya tersedia di pasar India untuk Hyundai Venue.

Menurut pembuat mobil, SUV tersebut terinspirasi dari “bayi gajah”. Lebih lanjut, desainnya yang berani memadukan ciri khas desain Kia, seperti gril “hidung harimau” yang menonjol. Disamping itu, juga dengan kisi-kisi geometris stepwell tiga dimensi untuk kesan visual yang kuat. Sikap agresifnya juga menunjukkan daya tariknya yang kokoh.

Karakteristik lain dari SUV ini termasuk AVNT 0,25 inci, teknologi mobil yang terhubung dengan “UVO” – start mesin jarak jauh canggih (transmisi matik dan manual). Sementara itu, pengemudi baris depan dan kursi berventilasi penumpang terhubung dengan pembersih udara murni canggih pertama di India dengan perlindungan virus.

Ho Sung Song, Presiden dan CEO Kia Motors Corporation berkata, “Segala sesuatu tentang Sonet baru adalah Kia yang unik dan pasti akan menyenangkan baik pengemudi maupun penumpang.

Dengan bahasa desainnya yang agresif dan modern, dinamika yang menyenangkan untuk dikendarai. Kemudian mobil ini bakal dilengkapi fitur-fitur teknologi tinggi terbaru Kia,. Sonet akan menekankan ambisi kami untuk menjadikan Kia merek pilihan, terutama di antara konsumen milenial dan Gen Z.”

Beberapa fitur keselamatan pada SUV baru ini a.l. enam airbag, ABS dengan EBD, ESC, HAC, VSM dan bantuan rem, lampu kabut proyektor dan isofix child anchor.

Ditawarkan dengan 8 monotone dan tiga pilihan warna eksterior dual-tone, Sonet adalah SUV pertama di segmen ini. Dengan menawarkan model dalam trim GT Line yang sporty.

Kendaraan ini pertama kali dipamerkan sebagai model konsep di Auto Expo 2020. Mobil SUV ini akan bersaing dengan SUV segmen B lainnya seperti Hyundai Venue, Maruti Suzuki Vitara Brezza, dan Nissan Magnite