Industri

Kian Selektif, Simak Kriteria Startup yang Diburu Mandiri Capital Indonesia

  • karaketer startup yang bakal didanai Mandiri Capital Indonesia adalah mereka yang sesuai dengan filosofi investasi perusahaan yaitu, fokus pada People dan Potential Market untuk investasi startup pada tahap awal (seed funding), serta growth fund ke perusahaan yang sudah memiliki revenue.
Industri
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA - PT Mandiri Capital Indonesia (MCI), anak perusahaan Bank Mandiri yang bergerak di bidang modal ventura mengaku akan lebih selektif dalam mendanai startup pada tahun 2023.

Chief Financial Officer Mandiri Capital Indonesia, Rino Bernando mengatakan saat ini investor lebih prudent dalam berinvestasi dan fokus ke aspek yang mendorong sustainability perusahaan. 

Adapun secara sektoral, Mandiri Capital Indonesia melihat sektor potensial startup di 2023 tidak hanya terkonsentrasi pada e-commerce. Hal ini disebabkan e-commerce menjual banyak barang termasuk barang-barang yang bukan esensial. 

Startup di tahun ini diprediksi akan menguat di beberapa sektor antara lain fintech, agritech (pertanian) dan foodtech, D2C (direct to consumer), serta startup yang bergerak di bidang permasalahan iklim. Hal ini mengikuti kebutuhan masyarakat yang sedang berfokus pada barang-barang primer seperti pangan.  

Sejak 2021, MCI sendiri telah meluncurkan Indonesia Impact Fund (IIF), yang diinisiasi bersama UNDP & ABAC dengan fokus investasi kepada perusahaan early stage di Indonesia yang memenuhi kategori dan indikator SDG yang ditetapkan oleh UNDP. 

“Investor juga akan melihat aspek strategi path to profitability dengan fundamental bisnis yang baik. Selain itu, normalisasi yang sedang terjadi di market, akibat economic slowdown, meningkatkan jumlah startups berkualitas dengan valuasi yang wajar sehingga modal ventura memiliki opportunities yang lebih baik,” kata Rino dikutip Senin, 13 Februari 2023.

Corporate Venture Capital pelat merah ini juga berkomitmen menjembatani perusahaan teknologi yang potensial dengan ekosistem di grup Mandiri dan ekosistem BUMN untuk membantu perkembangan bisnis dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. 

Adapun karaketer startup yang bakal didanai Mandiri Capital Indonesia adalah mereka yang sesuai dengan filosofi investasi perusahaan yaitu, fokus pada People dan Potential Market untuk investasi startup pada tahap awal (seed funding), serta growth fund ke perusahaan yang sudah memiliki revenue

Selain itu, startup yang dipimpin oleh founder dengan karakteristik berintegritas dan memiliki self-awareness akan banyak dicari. Dengan karakteristik ini, founder akan mampu membawa perusahaannya untuk fokus pada tujuannya dan kuat dalam menghadapi tantangan. 

Selain itu, founder yang mampu membangun tim yang kompak pasti mampu membangun produk yang berkualitas dan menjangkau pasar yang besar, sehingga startup bisa berkembang dengan cepat. Perusahaan juga akan berfokus kepada startup yang profitable.