kim jong.jpg
Dunia

Kim Jong Un Mulai Pamer Mobil Hadiah Putin

  • Kecintaan Kim terhadap kendaraan mewah sudah tertanam kuat. Mobil lapis baja dan limusin kelas atas telah menjadi koleksi pokoknya
Dunia
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

PYONGYANG- Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un melakukan penampilan publik pertamanya dengan limusin Aurus buatan Rusia. Mobil  yang dihadiahkan kepadanya oleh Presiden Vladimir baru-baru ini.

Limusin lapis baja itu digunakan Kim pada 15-16 Maret untuk transportasi pribadinya. Mobil ditemani iring-iringan kendaraan termasuk SUV Lexus dan Toyota. 

Mobil itu dilaporkan dikirimkan ke Pyongyang pada Februari 2024 lalu. Saat itu tidak jelas varian Aurus apa yang diberikan Putin kepada Kim. Kini video tersebut mengungkapkan bahwa itu adalah model Limusin Aurus Senat. 

Berkantor pusat di Moskow, Aurus telah memasok limusin lapis baja kepada Putin sejak 2018. Sebelumnya Kim pernah menggunakan limusin lapis baja Mercedes S-class Pullman Guard. Meski kini dia juga menggunakan limusin Maybach dan Mercedes Maybach . 

Rekaman yang dirilis  Kantor Berita Pusat Korea ( KCNA ) menunjukkan Aurus digunakan pada 16 Maret. Rekaman menunjukkan limusin melaju di sepanjang jalan raya yang ditutup dan di atas jembatan.

Tidak jelas apa sebenarnya peristiwa tersebut. Meskipun visualnya menunjukkan banyak orang berkumpul untuk menyambut kedatangannya. Juga ada visual Kim keluar dari kendaraan dan menyapa berbagai tokoh militer. Terlihat putrinya  Ju Ae menemaninya ke acara tersebut.

Pada  15 Maret, Ju Ae juga menemani ayahnya saat keduanya mengabaikan latihan terjun payung. Latihan yang disebut media pemerintah Korea Utara bertujuan untuk menunjukkan kemampuan Korea Utara menduduki wilayah musuh dengan satu pukulan.

Pada tanggal 15 Maret Kim menggunakan limusin untuk pertama kalinya untuk transportasi ke acara terbuka. Mungkin  untuk menyaksikan latihan penerjun payung tersebut. 

Ju Ae menemani ayahnya saat keduanya mengabaikan latihan terjun payung/KCNA

Persahabatan

Kim Yo Jong, wakil direktur departemen Komite Sentral WPK dan saudara perempuan Kim melaporkan, fungsi khusus mobil pribadi sangat sempurna dan dapat dipercaya sepenuhnya. 

“Penggunaan mobil pribadi yang dikirim oleh Presiden Rusia sebagai hadiah kepada Kim Jong Un adalah bukti nyata persahabatan antara Korea Utara dan Rusia,” katanya dikutip dari KCNA Rabu 20 Maret 2024. 

Kecintaan Kim terhadap kendaraan mewah sudah tertanam kuat. Mobil lapis baja dan limusin kelas atas telah menjadi koleksi pokoknya. Ini sama seperti koleksi ayahnya, Kim Jong Il, dan kakeknya Kim Il Sung. 

Ketertarikan pemimpin Korea Utara pada segala hal terkait transportasi,  khususnya limusin kepresidenan sering dimanfaatkan  para pemimpin negara untuk menjalin hubungan di luar masalah kebijakan dengannya di masa lalu. Pada tahun 2018 misalnya, Trump mengajak Kim berkeliling dengan “ the Beast”.  Limusin Kepresidenan yang dioperasikan oleh Dinas Rahasia . Peristiwa ini terjadi selama pertemuan antara kedua pemimpin di Singapura.

Pemberian limusin oleh Putin sebenarnya melanggar sanksi PBB dan Uni Eropa yang melarang ekspor kendaraan tersebut ke Korea Utara. Ini terkait program senjata nuklir dan  rudal balistik negara tersebut. 

Pemberian mobil ini dinilai sebagai bentuk terimakasih Putin karena Korea Utara telah mengirimkan senjata ke mereka. Kedua pemimpin tersebut terlibat dalam diskusi terkait pasokan senjata tingkat tinggi pada bulan September 2023 lalu. Rusia dilaporkan sangat membutuhkan amunisi artileri dan perlengkapan dasar lainnya yang banyak digunakan Korea Utara. 

Tentu saja hadiah mobil saja tidak cukup. Tetapi apa sebenarnya imbalan yang akan diterima Kim, selain pembayaran langsung, masih belum jelas. Ada beberapa indikasi mengenai apa yang mungkin terjadi dalam kesepakatan tersebut.  Termasuk jet tempur dan teknologi rudal.