Ilustrasi ritel
Korporasi

Kinerja Mitra Adiperkasa Solid di Semester Pertama 2023

  • Pada kuartal kedua, MAPI mencatat peningkatan pendapatan bersih sebesar 23% menjadi Rp8,1 triliun dari Rp6,6 triliun, serta Margin Laba Kotor (Gross Profit Margin/GPM) meningkat dari 45,6% menjadi 46,4%.

Korporasi

Bintang Surya Laksana

JAKARTA - PT Mitra Adiperkasa (MAPI)  mengumumkan kinerja perusahaan selama kuartal kedua dan semester pertama 2023. Dalam laporan tersebut, peritel multi-channel branded commerce terkemuka di Indonesia ini membukukan sejumlah peningkatan pendapatan.

Dalam pengumuman yang dirilis 26 Juli 2023 itu disebutkan, ada kuartal kedua, MAPI mencatat peningkatan pendapatan bersih sebesar 23% menjadi Rp8,1 triliun dari Rp6,6 triliun, serta Margin Laba Kotor (Gross Profit Margin/GPM) meningkat dari 45,6% menjadi 46,4%. Laba usaha juga mengalami lonjakan sebesar 27,9% menjadi Rp1,1 triliun dari Rp836 miliar, sedangkan Laba perusahaan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi ( Earning Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization/EBITDA) tumbuh 21,6% menjadi Rp1,7 triliun dari Rp1,4 triliun. Selain itu, laba bersih naik menjadi Rp766 miliar dari Rp622 miliar.

Selama semester pertama, pendapatan bersih secara konsolidasi tumbuh 27,3% menjadi Rp15,6 triliun dari Rp12,2 triliun, dengan GPM sebesar 45,4% dibandingkan dengan 44,4% pada periode yang sama tahun sebelumnya. Laba usaha juga meningkat 30,9% menjadi Rp1,7 triliun dari Rp1,3 triliun, dan EBITDA mencapai Rp2,9 triliun dari Rp2,4 triliun yang tercatat pada periode yang sama tahun 2022. Jika dikecualikan keuntungan one-time dari divestasi Burger King senilai Rp309 miliar (setelah pajak) yang terjadi pada kuartal pertama 2022, laba inti yang mencerminkan kinerja operasional perusahaan meningkat 31,4% YoY menjadi Rp1,3 triliun dari Rp960 miliar.

Ratih Gianda, Vice President Investor Relations, Corporate Communications, dan Sustainability of MAP Group menyebutkan kinerja perusahaan pada kuarta kedua dan semester pertama ini menunjukkan efektivitas model bisnis perusahaan. “Tahun ini merupakan periode Lebaran pertama tanpa pembatasan kegiatan masyarakat, yang ditetapkan sejak awal pandemi Covid-19, sehingga Perusahaan melihat adanya peningkatan momentum di seluruh grup MAP,” ujar Ratih. 

Ratih menambahkan periode lebaran tahun ini mengalami peningkatan penjualan dan terus meningkat hingga bulan Juni terutama selama masa liburan sekolah. Peningkatan tersebut diklaim oleh Ratih menunjukkan daya tarik dan minat pelanggan terhadap produk dan layanan dari MAP. 

Melansir situs resmi MAP, perusahaan telah menerima penghargaan “High Market Capitalization” dari TEMPO-IDN Financial. Penghargaan tersebut menurut MAP merupakan bukti dari bisnis Perusahaan yang solid, strategi yang tepat, dan komitmen dari MAPI dalam memberikan nilai kepada para pemegang saham.

MAP sendiri membawahi banyak merek fesyen ternama seperti ZARA, Lacoste, dan Tommy Hilfiger. Di lini departemen store, MAP membawahi Galeries Lafayette, Sogo, dan The Food Hall. Pada lini olahraga MAP membawahi merek terkemuka seperti Puma, Nike, Adidas, dan Sport Station. Dan untuk lini anak-anak, MAP membawahi merek seperti LEGO, Kidz Station, Nerf, dan Hasbro.