<p>Kapal melintas didekat crane bongkar muat peti kemas di dermaga Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin, 11 Januari 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Kinerja Pelindo 1 2020: Segmen Peti Kemas jadi Penolong Kala Pandemi

  • Segmen bongkar muat peti kemas berhasil tumbuh 6,35% dari 1,33 juta TEUs (twenty-foot equivalent unit) pada 2019 menjadi 1,42 juta TEUs pada 2020. Peningkatan bongkar muat peti kemas ini didominasi oleh perdagangan domestik.

Industri
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) alias Pelindo I mencatatkan kinerja positif sepanjang tahun 2020. Segmen bongkar muat peti kemas berhasil tumbuh 6,35% dari 1,33 juta TEUs (twenty-foot equivalent unit) pada 2019 menjadi 1,42 juta TEUs pada 2020. Peningkatan bongkar muat peti kemas ini didominasi oleh perdagangan domestik.

Direktur Utama Pelindo I, Dani Rusli Utama mengatakan, kinerja baik yang perseroan capai tak lepas dari percepatan inovasi dan implementasi digital, meningkatkan kolaborasi dan juga partnership.

Tak hanya itu, strategi untuk melakukan investasi pada Pelabuhan Belawan dan Kuala Tanjung turut membuat kinerja perseroan gemilang.

“Alhamdulillah, meskipun secara umum kondisi usaha dan bisnis cukup berat pada 2020, Pelindo 1 tetap mencatatkan pertumbuhan di sejumlah segmen usaha. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Sabtu 23 Januari 2021.

Secara rinci, pada Terminal Domestik Peti Kemas Belawan tercatat bongkar muat peti kemas tumbuh 7,85% dari 533.406 TEUs di 2019, menjadi 575.300 TEUs sepanjang tahun 2020.

Sementara, bongkar muat peti kemas untuk tujuan ekspor-impor sebesar 557.983 TEUs, dan diklaim relatif stabil dibandingkan tahun sebelumnya. Belawan sendiri merupakan terminal peti kemas terbesar milik Pelindo I.

Peningkatan bongkar muat peti kemas yang signifkan juga terjadi di Pelabuhan Kuala Tanjung yang merekot hingga 125%. Kendati begitu, 80% kontibusi bongkar muat peti kemas perseroan masih disumbangkan oleh Belawan.

Adapun layanan bongkar muat peti kemas Pelindo I terdapat di beberapa terminal. Di antaranya Belawan, Kuala Tanjung, Dumai, Pekanbaru, Tanjungpinang, Sibolga, Lhokseumawe, Malahayati, Gunungsitoli, dan Tanjung Balai Karimun.

“Pelindo I tetap memberikan layanan yang optimal selama masa pandemi seperti saat ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat di seluruh lingkungan pelabuhan Pelindo I dalam pelayanan barang dan penumpang guna mengantisipasi penyebaran COVID-19,” tutup Dani. (SKO)