<p>Kereta MRT melintas di jalur kawasan Lebak Bulus, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>

Kini Beli Tiket MRT Lewat Aplikasi, Begini Caranya

  • JAKARTA—PT MRT Jakarta (Perseroda) menyediakan layanan pembelian tiket melalui aplikasi MRT-J sebagai bagian dari inovasi MRT Jakarta. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Aps dan Apple Store mulai Senin, 27 April dan dapat langsung digunakan di stasiun yang beroperasi, seperti Lebak Bulus Grab, Fatmawati, Cipete Raya, Blok M BCA, Dukuh Atas BNI, dan Bundaran […]

Khoirul Anam

Khoirul Anam

Author

JAKARTA—PT MRT Jakarta (Perseroda) menyediakan layanan pembelian tiket melalui aplikasi MRT-J sebagai bagian dari inovasi MRT Jakarta. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Aps dan Apple Store mulai Senin, 27 April dan dapat langsung digunakan di stasiun yang beroperasi, seperti Lebak Bulus Grab, Fatmawati, Cipete Raya, Blok M BCA, Dukuh Atas BNI, dan Bundaran HI.

“Aplikasi ini merupakan inisiatif kami mengikuti tren penggunaan aplikasi sebagai alat pembayaran transaksi di masyarakat. Meski demikian, pengguna jasa MRT Jakarta tetap dapat menggunakan kartu jelajah berganda, tunggal, dan uang elektronik seperti yang sudah dilakukan selama ini,” ungkap Direktur Utama PT MRT William Sabandar dalam keterangannya, Jakarta, Senin, 27 April 2020.

Dalam MRT-J, para pengguna dapat melakukan pembelian tiket sebelum tiba di stasiun dan memindai kode QR di pintu penumpang (passenger gate) lalu masuk ke area berbayar beranda peron (paid concourse).

William menambahkan, fasilitas pemindai kode QR di passenger gate merupakan salah satu langkah MRT dalam mengurangi interaksi fisik yang mendukung penerapan physical distancing.

“Dengan alat pembayaran baru ini, juga dapat meminimalisir para penumpang berinteraksi dengan petugas dan membeli tiket di mesin pembayaran,” tambah dia.

Berikut langkah-langkah pembelian tiket melalui aplikasi.

1.Registrasi

Registrasi dapat dilakukan dengan dua cara, yakni melalui media sosial dan membuat akun manual. Registrasi dengan menggunakan media sosial tersedia untuk Facebook dan Twitter. Sementara melalui registrasi manual, para pengguna akan diminta untuk mengisi nama, e-mail, nomor telepon, dan PIN dalam kolom yang telah disediakan. Setelah itu, pengguna akan menerima kode OTP berisi 4 digit angka untuk dimasukkan dalam kolom pada laman ‘Masukkan kode otentikasi’.

2. Pemesanan Tiket Perjalanan

Pengguna dapat memilih stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan, kemudian tekan ikon panah berwarna hijau untuk melanjutkan. Setelah itu, tekan ‘Beli Tiket’ untuk melanjutkan ke laman pilihan pembayaran.

3. Pembayaran Tiket Perjalanan

Pembayaran tiket perjalanan bisa melalui DANA, LinkAja, OVO, dan Gopay. Pengguna dapat memilih salah satu metode pembayaran tersebut kemudian tekan pilihan ‘Bayar’ untuk melanjutkan. Setelah itu, pengguna akan dialihkan ke laman kanal pembayaran.

4. Tiket Perjalanan

Menu ini berada pada tab kedua pada aplikasi MRT-J. Layar utama pada tab memuat daftar tiket yang berhasil diberi pada hari yang sama.

5. Penggunaan Tiket Perjalanan

Pengguna dapat masuk ke laman ‘Tiket Perjalanan’, kemudian tekan pilihan ‘Masuk/Keluar’ untuk menampilkan kode QR. Pengguna dapat memperlihatkan kode QR kepada kamera yang beradda di pintu tiket stasiun.

6. Perubahan Rute Perjalanan

Untuk mengubah rute perjalanan, pengguna masuk ke laman ‘Tiket Perjalanan’, kemudian tekan pilihan ‘Ganti Stasiun Tujuan’. Setelah itu, pengguna dapat memilih stasiun tujuan pengganti dan akan diarahkan ke halaman pemnbayaran jika terdapat kekurangan pembayaran. Perubahan rite tujuan hanya dapat dilakukan satu kali.