<p>Karyawan melayani nasabah di kantor pusat Bank Muamalat, Jakarta, Rabu, 3 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Perbankan

Kini Nasabah Bank Muamalat Bisa Menabung sambil Beramal di Bulan Ramadan

  • Program ini merupakan jenis tabungan berjangka khusus yang menawarkan hadiah berupa voucher paket Ramadan yang akan diberikan pada awal pembukaan tabungan.
Perbankan
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk telah meluncurkan sebuah inovasi produk perbankan terbaru yang memberikan kesempatan bagi nasabah untuk menabung sambil beramal melalui Program Tabungan Prima Berhadiah (TPB) Paket Ramadan 1445 H.

Dalam pengumumannya, SEVP Retail Banking Bank Muamalat, Dedy Suryadi Dharmawan, menjelaskan bahwa program ini merupakan jenis tabungan berjangka khusus yang menawarkan hadiah berupa voucher paket Ramadan yang akan diberikan pada awal pembukaan tabungan. 

Jenis hadiah tersebut sangat bervariasi, mulai dari bingkisan, kegiatan berbelanja bersama anak yatim dan dhuafa, hingga kesempatan untuk melakukan mudik gratis ke tujuan tertentu di Pulau Jawa.

Dedy menekankan bahwa program ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan tabungan lainnya karena TPB Paket Ramadan tidak hanya sekadar tabungan biasa, melainkan juga menjadi sarana untuk berbagi kebaikan di bulan suci Ramadan. 

“Hal ini sesuai dengan profil nasabah di Bank Muamalat yang menyukai produk perbankan syariah dengan nilai tambah berupa kesempatan beramal di dalamnya," ujarnya dikutip dari pengumuman resmi Bank Muamalat, Selasa, 26 Maret 2024. 

Tabungan ini terbuka bagi semua masyarakat Indonesia dengan syarat penempatan minimal sebesar Rp50 juta. Nasabah juga diberikan fleksibilitas dalam memilih periode menabung, yang tersedia dalam pilihan 3, 6, dan 12 bulan. Diharapkan fleksibilitas ini dapat memudahkan nasabah dalam menyesuaikan periode menabung sesuai dengan rencana keuangan mereka.

Adapun akad tabungan yang digunakan adalah Mudharabah Mutlaqah dengan nisbah bagi hasil sebesar 5%. Fasilitas transaksi dan pengecekan saldo dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi mobile banking Muamalat DIN dan internet banking Bank Muamalat. Selain itu, tabungan ini juga tidak dikenakan biaya bulanan.

Program TPB Paket Ramadan telah berlangsung sejak tanggal 1 Maret dan akan berakhir pada tanggal 30 April 2024. Untuk penyaluran donasi, Bank Muamalat telah bekerja sama dengan empat lembaga amil zakat nasional, yaitu Baitulmaal Muamalat (BMM), Rumah Zakat, Lazisnu, dan Lazismu DKI Jakarta.

 Setiap nasabah akan menerima informasi mengenai pelaksanaan penyaluran paket donasi berupa tanda terima dan dokumentasi foto kegiatan oleh masing-masing lembaga tersebut.

Penting untuk dicatat bahwa program serupa telah dilaksanakan pada masa pandemi COVID-19, dan mendapat sambutan yang sangat antusias dari para nasabah karena mereka dapat berkontribusi langsung dalam membantu masyarakat yang terdampak pandemi.

Dengan demikian, Program Tabungan Prima Berhadiah (TPB) Paket Ramadan 1445 H dari Bank Muamalat Indonesia Tbk memberikan kesempatan bagi nasabah untuk beramal sambil menabung dengan cara yang mudah dan terstruktur, sesuai dengan prinsip-prinsip perbankan syariah.