<p>Transportasi online menjadi andalan masyarakat saat wabah COVID-19 merebak. / Facebook @GrabID</p>
Gaya Hidup

Kisah Ojek Online Antar Makanan Saat Pandemi Corona

  • “Saya percaya, selama niat saya untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Juga semangat saya untuk menafkahi keluarga tetap tinggi, saya yakin dapat melewati pandemi ini. Saya juga senang bisa membantu restoran dan warung terus berjualan,” kata pengemudi ojek online.

Gaya Hidup
Acep Saepudin

Acep Saepudin

Author

Layanan pengantaran makanan dari Grabfood tetap melayani pengantaran makanan di tengah-tengah merebaknya pandemi virus corona (COVID-19). Hal itu terlihat dari adanya beberapa mitra driver Grab yang melakukan pengantaran makanan untuk pengguna Grab.

Seorang mitra driver Grab, Yasa Sepriana mengakui hingga saat ini masih melakukan pengantaran makanan meskipun sangat berisiko.

Dalam melakukan pekerjaannya, Yasa membawa beberapa peralatan untuk mencegah penularan virus corona. Seperti desinfektan, sarung, masker, dan tas yang kebersihannya terjamin.

“Saya masih mengantarkan makanan setiap hari karena saya tahu banyak orang yang membutuhkan makanan untuk dirinya dan keluarganya,” ujar Yasa dalam keterangan resmi, Senin, 30 Maret 2020.

Ia menuturkan alasan dirinya tetap bekerja karena masih memiliki tanggung jawab untuk menghidupi anak dan istrinya di rumah.

“Saya menyadari menjaga kesehatan dan kebersihan menjadi keharusan bagi saya agar bisa terus beraktivitas,” tutur pria yang bergabung dengan Grab sejak 2017 ini.

Yasa menuturkan Grabfood selalu memberikan arahan agar para mitra driver selalu memakai masker, dan membawa hand sanitizer ke mana pun mereka akan pergi. Terutama saat memberikan pesanan ke pelanggan.

“Bagi saya mengantarkan makanan dengan aman dan bersih adalah prioritas utama. Juga cara untuk melawan pandemi ini harus dimulai dari diri saya sendiri,” tambah Yasa.

Setali tiga uang dengan Yasa, mitra driver Grab lainnya Andri Setyo Cahyono juga tetap melayani masyarakat selama pandemi COVID-19.

Andri memaparkan setiap pagi ia selalu mempersiapkan diri untuk bekerja dengan membawa hand sanitizer dan memakai masker.

“Siangnya saya kembali ke rumah untuk mandi dan mengganti baju sebelum nge-Grab kembali,” ungkapnya.

“Meskipun banyak tantangan dan risiko yang dihadapi pada masa sulit ini, saya tetap senang melakukan pengantaran makanan ke pelanggan supaya mereka bisa tetap di rumah dan aman,” jelas Andri.

Mitra pengantaran yang sebelumnya bekerja di sebuah rumah sakit ini juga menceritakan bahwa dirinya pernah mendapatkan makanan gratis dari pelanggan bahkan sampai diberikan tip yang cukup besar dari pelanggan.

Melihat hal tersebut Andri percaya bahwa selalu ada makna di balik sebuah peristiwa.

“Saya percaya, selama niat saya untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Juga semangat saya untuk menafkahi keluarga tetap tinggi, saya yakin dapat melewati pandemi ini. Saya juga senang bisa membantu restoran dan warung terus berjualan,” kata dia.

Mitra pengantaran GrabFood lainnya, Miko Hidayat juga bersemangat meski situasi kini diselimuti kekhawatiran. Dalam bertugas, Miko memiliki prinsip bahwa pekerjaan pesan-antar makanan adalah tugas yang penting. Karena itu Miko selalu disiplin dalam menjaga kebersihannya terutama di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Contohnya ia selalu memastikan untuk mengenakan pakaian dan kaus kaki bersih, menggunakan sarung tangan dan masker serta membawa hand sanitizer ke mana pun ia pergi.

Ia juga selalu berinisiatif untuk selalu membersihkan bungkus makanan sebelum diberikan kepada pelanggan dengan menyemprotkan desinfektan.

Baginya memastikan kebersihan makanan yang ia antar dan kepuasan pelanggan adalah prioritas utama. Ia percaya bahwa pelanggan adalah pembawa rezeki baginya dan keluarga. Oleh karena itu, Miko mendedikasikan dirinya untuk selalu menyelesaikan pesanan walaupun dalam kondisi pandemi seperti saat ini.

Sementara itu Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia mengakui sangat mengapresiasi kegigihan dan perjuangan para mitra driver-nya.

“Kami sangat berterima kasih kepada para mitra pengantaran GrabFood yang terus memberikan pelayanan prima demi memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia pada masa yang penuh tantangan ini,” ujar Neneng.

Menurutnya, masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir untuk memesan makanan melalui GrabFood. Hal itu karena pihaknya telah memastikan keamanan dan kebersihan hidangan melalui berbagai inisiatif terkait standar keamanan terpadu untuk layanan pesan-antar makanan yang bekerja sama dengan para mitra merchant.

“Mari bahu-membahu untuk melawan pandemi COVID-19 ini. Selalu jaga kesehatan dan keamanan bersama,” tegasnya. (SKO)