Ekonomi Syariah

Kisah Sukses Shafiq (Part 2/Habis): Sabet Banyak Penghargaan hingga Kinerja Dua Kali Lipat

  • Pada tahun 2022, Shafiq secara resmi memulai operasionalnya dengan fokus kegiatan edukasi. Proses ini meliputi proses pengenalan kepada para pemodal, pengusaha, dan pihak industri terkait untuk menjelaskan konsep SCF yang masih baru di industri keuangan syariah.
Ekonomi Syariah
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

Tulisan ini merupakan lanjutan dari bagian sebelumnya. Kisah Sukses Shafiq (Part 1): Startup Pelopor Securities Crowdfunding Syariah.

JAKARTA - Pada tahun 2022, Shafiq secara resmi memulai operasionalnya dengan fokus kegiatan edukasi. Proses ini meliputi proses pengenalan kepada para pemodal, pengusaha, dan pihak industri terkait untuk menjelaskan konsep SCF yang masih baru di industri keuangan syariah. 

Kerja sama menjadi kunci dalam mempromosikan platform ini untuk mendapatkan dukungan dari pelaku usaha yang memahami industri dan prinsip syariah.

Keberhasilan Shafiq dalam menarik minat pelaku usaha untuk mendapatkan pendanaan memunculkan sejumlah bahan perbaikan melalui umpan balik dari berbagai pihak.

Pada tahun 2022, Shafiq meraih apresiasi dan penghargaan yang membanggakan. Pengakuan pertama dari Aludi (Asosiasi Layanan Urun Dana) sebagai SCF Syariah Terbaik dan apresiasi kedua dari Kementerian Perindustrian sebagai Top 3 Halal Financial Support. 

Tak lama bagi Shafiq untuk mencapai target-target pendanaan yang telah mereka tetapkan. Akhir bulan Oktober, Shafiq sukses memenuhi pendanaan salah satu sukuk dengan nilai Rp7 miliar. Hal ini sekaligus sebagai penanda pencapaian target Rp100 miliar Shafiq. 

Selama tahun 2022 berjalan ini Perusahaan berhasil melakukan screening terhadap 25 pengusaha yang menerbitkan instrumen investasi di SHAFIQ dengan rincian yaitu, terdiri dari 48 penawaran sukuk serta 1 penawaran saham.

Dari 48 penawaran sukuk tersebut, 4 diantaranya memenuhi standar Sustainable Development Goals (SDGs). Dan 1 saham yang ditawarkan pun juga memenuhi standar SDGs. Serta kedepannya, penawaran efek yang memenuhi standar SDGs ini bisa terus ditingkatkan.

Kinerja Meningkat Dua Kali Lipat di 2023

Pada 2023, kinerja Shafiq terus mencatatkan prestasi membanggakan. Pada kuartal III 2023, Shafiq berhasil melakukan disbursement pendanaan syariah sebesar Rp 178,61 miliar, angka ini meningkat 112,87% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Atas prestasi tersebut, Shafiq kembali mendapat apresiasi berupa penghargaan dari Aludi (Asosiasi Layanan Urun Dana Indonesia) sebagai SCF dengan Penyaluran Pendanaan Terbesar dan kembali dari Kementerian Perindustrian sebagai Top 3 Non Bank Institution. 

Arungi 2024 dengan Harapan dan Inovasi

Shafiq optimis bisa arungi 2024 dengan harapan dan inovasi. Walaupun memasuki tahun politik, Shafiq berharap terjadi peningkatan kinerja yang jauh lebih baik, dimana bisnis-bisnis dari Penerbit semakin terkurasi sehingga Pemodal terus dapat berinvestasi dengan nyaman.

Pada sisi komunikasi, Shafiq telah meluncurkan fitur baru untuk memudahkan interaksi antara penerbit dan pemodal. Fitur ini juga bertujuan untuk mencegah maraknya penipuan yang mengatasnamakan Shafiq di group-group telegram. Sehingga seluruh komunikasi antara penerbit, pemodal, dan penyelenggara terjadi di platform Shafiq.

Selain itu, Shafiq berencana membuka pasar sekunder untuk pemodal yang ingin melakukan jual beli saham di platform Shafiq. Inovasi ini diharapkan memberikan fleksibilitas dan likuiditas yang lebih besar bagi para pemodal.