De'Juragan

Kisah Sukses UMKM: Hobi Jual Barang Bekas, Mahasiswa Ini Sukses Bangun Usaha Thrift “BekasPakai”

  • Dunia bisnis saat ini sudah menjadi pilihan bagi banyak orang dalam berkarir. termasuk bagi mahasiswa Universitas Nasional semester 5 program studi Ilmu Komunikasi ini, yaitu Alif Fauzan Aulia Ahmad yang kerap disapa Alif.
De'Juragan
Octavia Tunggal Dewi

Octavia Tunggal Dewi

Author

JAKARTA - Dunia bisnis saat ini sudah menjadi pilihan bagi banyak orang dalam berkarir. termasuk bagi mahasiswa Universitas Nasional semester 5 program studi Ilmu Komunikasi ini, yaitu Alif Fauzan Aulia Ahmad yang kerap disapa Alif.

Alif merupakan laki-laki kelahiran 7 Oktober 2001 yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Universitas Nasional Program Studi Ilmu Komunikasi.

Alif mulai membuka bisnis thrift ini sejak 16 Oktober 2001 lalu. Sehingga sampai saat ini, dapat terhitung bisnisnya sudah berjalan selama 11 bulan.

Bermula dari hobinya menjual barang-barang bekas miliknya yang sudah tidak dipakai, saat ini ia sukses membangun usaha thrift pakaian miliknya sendiri.

“Awalnya sih emang gw sukaa jual- jual barang pribadi yang udah ngga kepakai atau udah bosen make nya baru gw jual. Nah Berawal dari situ ada satu moment dimana gw punya uang dan mikir gimana caranya duit yang gw punya bisa nambah atau muter jadi nggak abis gitu aja, akhirnya gw kepikiran buat usahaa trift ini.” Ujar Alif saat wawancara bersama Trenasia beberapa waktu lalu.

Instagram: Bekaspakai._

Alasan usaha thrift miliknya diberi nama bekas pakai sangat sederhana, yaitu karena barang-barang yang ia jual memang sudah tidak baru. Dapat dikatakan bahwa barang usahanya merupakan barang bekas namun masih dalam kondisi layak untuk dipakai. Sehingga Alif memilih untuk menjualnya agar dapat menghasilkan uang.

Dalam menjalankan usahanya saat ini Alif tidak memiliki partner bisnis, sehingga ia menjalankannya sendiri. 

Agar usahanya semakin dikenal secara luas, Alif memanfaatkan media sosial yang ia miliki untuk memasarkan bisnisnya. Mulai dari Instagram, Facebook, hingga TikTok. Terbukti, hal tersebut membantu bisnis Alif semakin berkembang.

Keunggulan dari brand Bekaspakai ini yaitu harganya yang sangat murah dan kondisinya yang dijamin berkualitas. Selain itu bajunya sudah tercuci dengan bersih.

Omset yang didapat oleh Alif setiap bulan tidak menentu, tergantung berapa banyak barangnya mampu terjual. Namun usaha ini cukup membantu Alif untuk menambah pendapatannya.

Instagram: Bekaspakai._

Selain itu, produk di toko thrift miliknya sangat bervariasi, diantaranya seperti hoodie, crewneck, celana dan t shirt. Alif biasanya menjual produknya tergantung dengan barang apa saja yang ia dapat di pasar.

Bicara mengenai harga, biasanya Alif menjual produknya dengan kisaran harga Rp85.000 – Rp200.000 tergantung barang yang dijualnya.

Saat ini, alif menjual produknya melalui online shop dan media sosial. Bagi yang tertarik, bisa mengunjugi instagram nya @bekaspakai._ dan shopee bekaspakai._ 

Setiap orang yang membangun bisnis tentu terdapat kendalanya masing-masing, tidak terkecuali Alif. Kendala yang saat ini Alif alami yaitu ia merasa toko nya masih belum terlalu dikenal banyak orang, sehingga ia merasa membutuhkan influencer untuk membantu memasarkan usahanya.

Rencana Alif untuk ke depannya ingin memperbanyak koleksi barang-barang yang ia miliki. Selain itu, Alif juga berencana untuk memperluas informasi mengenai toko miliknya agar semakin dikenal banyak orang.