<p>Nampak seorang nasabah tengah melakukan transaksi perbankan di Anjungan Tunai Mandiri BCA. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia</p>
Perbankan

Klarifikasi BCA Soal Transfer Antarbank Rp150.000 Perbulan

  • Pengumuman tersebut disebarkan secara tidak resmi melalui aplikasi chatting, dengan ajakan untuk mengeklik tombol "view" yang kemudian mengarahkan pengguna ke situs web palsu yang berupaya memperoleh data pribadi nasabah.
Perbankan
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk (BCA/BBCA) mengklarifikasi bahwa informasi terkait perubahan tarif transfer antar bank sebesar Rp150.000 perbulan adalah hoaks dan penipuan. 

Pengumuman tersebut disebarkan secara tidak resmi melalui aplikasi chatting, dengan ajakan untuk mengeklik tombol "view" yang kemudian mengarahkan pengguna ke situs web palsu yang berupaya memperoleh data pribadi nasabah.

Dalam keterangan resmi yang diterbitkan pada tanggal 3 Februari 2024, BCA menegaskan bahwa pengumuman tersebut tidak benar dan merupakan aksi penipuan. Nasabah diminta untuk tetap waspada dan mengikuti langkah-langkah berikut jika menerima informasi tersebut:

  1. Abaikan pesan, terutama jika menggunakan nomor pribadi. BCA hanya memberikan pengumuman melalui nomor resmi WhatsApp Bank BCA, yaitu 08111500998.
  2. Hindari mengeklik tombol "view" dan mengisi data. Jangan membuka atau mengeklik tombol "view" pada pesan tersebut. Jika sudah terlanjur, hindari mengisi formulir web di dalamnya dan segera keluar dari situs atau mikrositus yang terbuka.
  3. Blokir nomor kontak dan hapus pesan.
  4. Kelola password mobile banking dengan membuat password yang kuat dan mengubahnya secara berkala.
  5. Laporkan ke Halo BCA di 1500888 atau melalui aplikasi haloBCA.

EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn, menekankan pentingnya kesadaran masyarakat terhadap kejahatan dunia maya. 

BCA sebagai perbankan nasional dikatakan Hera terus berupaya meningkatkan pemahaman nasabah mengenai berbagai modus social engineering perbankan. 

Jika nasabah menemui informasi mencurigakan yang mengatasnamakan BCA, mereka diharapkan segera menghubungi kantor cabang setempat atau melalui contact center Halo BCA 1500888 dan aplikasi haloBCA. 

“Jangan pernah bagikan data pribadi perbankan yang bersifat rahasia seperti nomor kartu ATM, PIN, dan OTP,” ujar Hera kepada TrenAsia, dikutip Senin, 5 Februari 2024.