<p>Karyawan melayani nasabah di gerai BCA Mal Gandaria City, Jakarta Selatan, Kamis, 22 Oktober 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Kolaborasi Bank-Fintech Kian Marak, BCA Gandeng Modal Rakyat Salurkan Kredit Rp20 Miliar

  • PT Bank Central Asia Tbk menyiapkan dana Rp20 miliar untuk disalurkan melalui perusahaan fintech PT Modal Rakyat Indonesia atau Modal Rakyat.
Industri
Muhamad Arfan Septiawan

Muhamad Arfan Septiawan

Author

JAKARTA - Financial Technology (Fintech) menjadi saluran baru yang kerap diipilih perbankan untuk mengerek penyaluran kredit. Memiliki likuiditas melimpah, perbankan semakin agresif menjalin kerja sama penyaluran kepada fintech. 

Termutakhir, PT Bank Central Asia Tbk menyiapkan dana Rp20 miliar untuk disalurkan melalui perusahaan fintech PT Modal Rakyat Indonesia atau Modal Rakyat. Emiten bersandi saham BBCA ini berharap bisa meningkatkan kucuran kredit ke segmen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui channeling di Modal Rakyat.

“Kami juga mencermati bahwa perkembangan bisnis di era digital saat ini semakin pesat sehingga muncul berbagai fintech untuk memenuhi beragam kebutuhan masyarakat. BCA melihat hadirnya fintech ini berhasil membuka pintu baru bagi perkembangan bisnis perbankan di Tanah Air,” ucap  Senior Vice President Commercial & SME Business BCA Elvriawati Tumewah dalam keterangan tertulis, Rabu, 10 November 2021.

Fokus pembiayaan jangka pendek menjadi tumpuan utama dalam kerja sama ini. Pasalnya, kemitraan ini akan dilakukan melalui fasilitas channeling pembiayaan dengan plafon per debitur sebesar maksimal Rp 2 Milyar dan tenor pembiayaan maksimal tiga bulan.

Hingga Oktober 2021, BCA telah menyalurkan Rp145,76 miliar pembiayaan melalui channeling digital. Elvira bilang sejumlah program yang memantik penyaluran itu antara lain Business Personal Loan Direct, Business Personal Loan E-commerce dan Channeling Fintech.

“Kami berharap transformasi UMKM akan semakin kuat melalui adanya kerjasama strategis BCA dan Modal Rakyat ini. Kedepan, BCA akan terus berupaya dalam memberikan akses pembiayaan inklusif kepada pengusaha UMKM sehingga pada akhirnya kami dapat mendukung transformasi ekonomi UMKM di Indonesia,” tegasnya.

Sebelumnya, channeling digital BCA juga ditempuh melalui e-commece Blibli. Bedanya, BBCA membidik penyaluran pembiayaan pada segmen konsumer dalam kerja sama tersebut dengan meluncurkan kartu kredit digital.

Adapun transaksi kartu kredit BCA per September 2021 telah menembus Rp42 triliun. Emiten bersandi saham BBCA ini memaksimalkan volume transaksi kartu kredit dengan memperlebar sayap ke lebih banyak e-commerce.