Bareksa
Pasar Modal

Kolaborasi dengan Ciptadana Sekuritas, Bareksa Luncurkan Fitur Investasi Saham

  • Fitur kolaborasi Bareksa dan Ciptadana Sekuritas menjadi satu-satunya super aplikasi investasi di Indonesia yang terintegrasi seluruh produk investasi termasuk saham.
Pasar Modal
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA - Bareksa bermitra dengan PT Ciptadana Sekuritas Asia untuk meluncurkan fitur investasi saham bernama Bareksa Saham. Fitur tersebut membuat Bareksa sebagai satu-satunya super aplikasi investasi di Indonesia yang menyediakan secara lengkap dan terintegrasi seluruh produk investasi.

Co-Founder dan CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra, menjelaskan bahwa peluncuran fitur saham sejalan dengan tujuan Bareksa untuk mewujudkan misinya sebagai satu aplikasi untuk semua jenis investasi.

Karaniya melanjutkan bahwa nasabah atau investor Bareksa dapat melakukan investasi dalam berbagai instrumen keuangan melalui satu aplikasi Bareksa yang mudah diakses melalui layar ponsel. Pengguna memiliki fleksibilitas untuk berinvestasi sesuai dengan kebutuhan dan profil risikonya, dengan tujuan mencapai target keuangan atau mencapai kemerdekaan finansial.

“Bareksa mengokohkan posisinya sebagai satu-satunya super app investasi yang menawarkan semua produk investasi secara lengkap dan terintegrasi, mulai dari saham, reksadana, SBN, emas, tabungan reksadana syariah untuk umroh, dan juga robo advisory berlisensi,” ungkap Karaniya dalam keterangan tertulisnya, pada Jumat, 10 November 2023. 

Karaniya berharap bahwa kehadiran Bareksa Saham akan mendukung misi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pemerintah dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan, serta meningkatkan pendalaman pasar modal.

Ia merincikan bahwa hingga September 2023, jumlah investor pasar modal mencapai 11,73 juta, atau hanya 4,3% dari total jumlah penduduk nasional yang diprediksi mencapai 273,8 juta jiwa. Adapun jumlah investor saham dan surat berharga lainnya 5,03 juta atau hanya 1,8% dari total jumlah penduduk.

Sementara itu, Direktur Utama Ciptadana Sekuritas, John Herry Teja, merespons kerja sama antara kedua belah pihak dengan sikap positif. Kerjasama ini dianggap membantu Ciptadana Sekuritas untuk memperluas cakupan pasar mereka, terutama di kalangan investor milenial dan Gen Z.

“Dengan keahlian dan pengalaman Kami sebagai perusahaan sekuritas, maka Kami tidak hanya berkesempatan menambah jumlah investor, namun juga memperluas jangkauan edukasi investasi, terutama bagi investor muda,” ucapnya.

Menurut John, edukasi tersebut tidak hanya ditujukan bagi investor yang mengadopsi paradigma growth investing, tetapi juga value investing. Baik itu melalui analisis fundamental maupun teknikal.

Sebab, Ciptadana Sekuritas didukung oleh para analis dan tim riset yang terampil dan memiliki pengalaman puluhan tahun, sehingga dapat menjadi referensi bagi investor yang ingin berinvestasi saham melalui Bareksa Saham.

“Kolaborasi ini bisa menjadi salah satu upaya Kami dalam membantu otoritas guna mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil, serta melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat,” pungkasnya.

Asal tahu saja, Ciptadana Sekuritas adalah perusahaan sekuritas ternama di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1990. Sementara itu, Bareksa merupakan marketplace finansial dan investasi terintegrasi pertama di Indonesia yang telah memperoleh lisensi sebagai Agen Penjual Reksadana dari Otoritas Jasa Keuangan sejak tahun 2016 dan menjadi Mitra Pemasaran PPE pada 2023.

Menariknya, lewat kolaborasi ini, para investor yang selama ini telah berinvestasi reksa dana, SBN, emas di Bareksa, dapat sekaligus berinvestasi saham secara terintegrasi di aplikasi Bareksa.