<p>Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Ismail / sdppi.kominfo.go.id</p>

Kominfo Luncurkan TIP Community Lab, Apa Manfaatnya?

  • JAKARTA—Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan Telecom Infra Project (TIP) Community Lab untuk meningkatkan pelayanan di sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Diketahui, TIP merupakan komunitas global dari perusahaan-perusahaan dan organisasi untuk penyediaan infrastruktur dalam meningkatkan konektivitas dunia. Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika, Ismail, mengatakan, TIP Community Lab dan Centre of Excellence digagas untuk mendorong pemerataan […]

Khoirul Anam

Khoirul Anam

Author

JAKARTA—Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan Telecom Infra Project (TIP) Community Lab untuk meningkatkan pelayanan di sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Diketahui, TIP merupakan komunitas global dari perusahaan-perusahaan dan organisasi untuk penyediaan infrastruktur dalam meningkatkan konektivitas dunia.

Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika, Ismail, mengatakan, TIP Community Lab dan Centre of Excellence digagas untuk mendorong pemerataan infrastruktur telekomunikasi.

”Inisiatif ini dibentuk melalui kolaborasi antara Global System Mobile Association (GSMA), Telecom Infra Project (TIP), Kementerian Kominfo (Ditjen SDPPI), Telkom University, dan para operator jaringan bergerak seluler,” kata Ismail sebagaimana dikutip dari laman Kominfo, Kamis, 23 Juli 2020.

Selain itu, Ismail mengatakan, Kementerian Kominfo membutuhkan kerja sama dengan operator seluler untuk mendukung digital nation. Pemerintah juga menggerakkan insentif sebagai bagian dari pembangunan infrastruktur TIK.

“Maka dari itu broadbrand sangat penting di Indonesia, operator seluler menjadi penting untuk mensukseskan hal tersebut untuk men-cover seluruh indonesia. Kominfo sangat senang TIP bisa bergabung dengan kebijakan pemerintah, ini menjadi kesempatan yang baik untuk memberikan kualitas  pelayanan,” imbuhnya.

TIP Community Lab Telkom University

Sementara itu, Rektor Universitas Telkom, Adiwijaya, menyatakan, TIP Community Lab Telkom University akan dibuka pada triwulan ketiga 2020. Menurutnya, langkah tersebut membawa para operator seluler untuk bekerja sama dengan anggota TIP lainnya di seluruh dunia.

Community Lab ini memungkinkan anggota lab untuk meninjau dan mengadopsi solusi yang telah dikembangkan oleh TIP Project Groups dari seluruh dunia serta memberikan masukan kepada TIP community untuk pengembangan lanjutan,” jelasnya.

Sebagai informasi, TIP Community Lab merupakan tahap pertama melalui pengembangan, pengujian, dan penggelaran teknologi baru. TIP Community Lab sudah hadir di Eropa, Amerika, Asia Selatan, dan Asia Timur.