Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional China (NPC)
Dunia

Komite Tetap NPC Tinjau Ulang Pemecatan Pejabat di China

  • Pengumuman ini muncul satu bulan setelah Menteri Luar Negeri China, Qin Gang, terakhir kali terlihat. Pemerintah China menyatakan dia sedang tidak aktif karena alasan kesehatan yang tidak spesifik.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional China (NPC) akan melakukan peninjauan terhadap pengangkatan dan pemecatan pejabat negara tersebut dalam pertemuan pada Selasa 25 Juli 2023 setempat.

Pengumuman ini muncul satu bulan setelah Menteri Luar Negeri China, Qin Gang, terakhir kali terlihat. Pemerintah China menyatakan dia sedang tidak aktif karena alasan kesehatan yang tidak spesifik.

Dilansir dari Channel News Asia, 25 Selasa, Komite NPC, yang bertemu sekitar setiap dua bulan sekali untuk membahas legislasi dan mengesahkan Undang-Undang, seharusnya bertemu kembali dengan pemerintah pada Agustus setelah menyelesaikan pertemuan yang bulan Juni.

Posisi-posisi kabinet China, seperti Menteri, dicalonkan oleh Perdana Menteri dan kemudian disetujui oleh NPC atau parlemen. Namun, NPC hanya bertemu sekali dalam setahun pada bulan Maret. Oleh karena itu, Komite Tetap NPC bertugas untuk membuat keputusan dalam jangka waktu sementara.

NPC adalah sebuah badan berpengaruh yang bertugas mengesahkan dan mengubah Undang-Undang ketika parlemen sedang tidak bersidang. Badan yang terdiri dari 3.000 anggota ini adalah badan legislatif nasional China. 

NPC pada prinsipnya merupakan badan negara yang paling berkuasa berdasarkan konstitusi China, meskipun dalam praktiknya Partai Komunis yang berkuasa memiliki kekuatan lebih besar. Selain bertemu setiap tahun untuk membahas legislasi dan menunjuk personel pemerintahan, NPC mengawasi Dewan Negara, yaitu kabinet China.