Alam Sutera Realty - ASRI
Korporasi

Komitmen ESG, Alam Sutera Konsisten Bantu Kebutuhan Masyarakat Sekitar

  • Selain menjalankan bisnis ESG melalui pembangunan perumahan ramah lingkungan, Alam Sutera juga membuat program sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) yang difungsikan untuk membantu kebutuhan masyarakat sekitar.
Korporasi
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA - PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) atau Alam Sutera merupakan salah satu perusahaan properti dan pengelolaan pembangunan perumahan yang berlokasi di Tangerang, Banten. 

Sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat, Alam Sutera juga menjalankan berbagai program environmental, social, and governance (ESG). Perseroan berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan manfaat sebanyak-banyaknya bagi masyakarat serta meningkatkan hubungan yang harmonis dan mewujudkan keberhasilan usaha berkelanjutan.

Selain sudah melaksanakan program keseimbangan alam melalui pembangunan perumahan ramah lingkungan, perseroaan juga membuat program sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) yang difungsikan untuk membantu kebutuhan masyarakat sekitar. 

Dalam pelaksanaan CSR, Alam Sutera mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas, serta berbagai regulasi dan standar yang berlaku lainnya. Nantinya, Corporate Communication Division Perusahaan bertanggung jawab untuk memastikan kinerja program tersebu telah berjalan sesuai dengan rancangan dan strategi perseroan.

Merujuk Annual Report Alam Sutera 2022, total dana CSR yang telah disalurkan mencapai Rp1,3 miliar. Nominal tarsebut untuk digunakan pada dua kegiatan utama perseroan dalam ESG yakni memberikan kesempatan kepada masyarakat, baik dalam bidang ekonomi, sosial, budaya juga lingkungan serta melibatkan masyarakat dalam kegiatan operasional Perseroan, sehingga Tanggung Jawab Sosial Perseroan merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan.

Bila dirinci, dana CSR itu telah direalisasikan Alam Sutera melalui bidang sosial sebesar Rp682 juta, bidang kesehatan sebanyak Rp511 juta dan pendidikan Rp69 juta. 

Bidang Sosial

Meski tahun 2022 ini dianggap sebagai tahun pemulihan ekonomi karena COVID-19 mulai dapat ditangani, perseroan tetap fokus memberikan bantuan langsung kepada masyarakat. Dalam hal ini Alam Sutera merealisasikannya melalui dua hal yakni bantuan sosial dan bantuan bencana alam. 

Bantuan Sosial

Alam Sutera menyadari bahwa operasional perseroan harus membawa manfaat untuk warga di sekitar lingkungan operasional perseroan, oleh karena itu perseroan memberikan bantuan sosial kepada warga desa di sekitar lingkungan operasional perseroan.

Bantuan Bencana Alam

Beberapa musibah dan bencana alam terjadi di tahun 2022 lalu. Alam Sutera menyadari bahwa banyak masyakat yang menjadi korban. Untuk itu, dengan rasa penuh kepedulian dan cepat tanggap, Perseroan memberikan bantuan langsung kepada masyarakat. Salah satu bantuan yang diberikan adalah untuk korban gempa bumi di Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur.

Bidang Kesehatan 

Pada tahun 2022, kegiatan CSR di bidang kesehatan difokuskan pada kegiatan donor darah. Alam Sutera mengajak masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan donor darah yang diselenggarakan selama empat kali bekerja sama dengan PMI Serang dan PMI Pandeglang. Dari empat kegiatan donor darah tersebut, Perseroan berhasil mengumpulkan sebanyak 714 kantong darah.

Bidang Pendidikan

Pada tahun 2022 ini, Alam Sutera menerima rombongan study tour mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB) Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) Institut Teknologi Bandung.

Sebagai perusahaan pengembang properti terkemuka, Alam Sutera memberikan transfer knowledge kepada para mahasiswa , bahwa perseroan tidak hanya sekadar membangun sebuah rumah tapi juga konsep hunian dengan mengedepankan kualitas hidup yang baik. Dengan begitu, perseroan berharap dengan pendekatan di dunia pendidikan seperti ini, masyarakat yang diwakili oleh mahasiswa umum, mendapatkan ilmu mengenai pengembangan properti. 

Melalui beberapa program tersebut, Alam Sutera berharap dapat tumbuh bersama masyarakat dan berupaya memberikan manfaat sebesar-besarnya. Sebab, perseroan menyadari kinerja bisnis harus berjalan beriringan dengan dukungan masyarakat demi tercapainya nilai-nilai berkelanjutan atau ESG.