<p>Ritel Ramayana Departement Store milik PT Ramayana Lestari Tbk (RALS) / Facebook @ramayanadepartementstroe</p>
Korporasi

Komitmen Ramayana Sebagai Perusahaan Ritel Dalam Menerapkan Prinsip ESG

  • PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk melakukan beberapa komitmen dalam usahanya terkait dengan prinsip pada ESG.
Korporasi
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA – Sebuah perusahaan bisnis tidak hanya memikirkan tentang cara mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar serta memperluas jaringan gurita bisnisnya. Suatu perusahaan harus peka terhadap isu-isu lingkungan dan sosial.

Menyikapi hal tersebut, PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk sebagai salah satu perusahaan ritel besar di Indonesia mulai menerapkan prinsip-prisnip Environmental, Social and Governance (ESG) dalam bidang usahanya. Hal ini guna menjaga keberlangsungan lingkungan serta sosial dalam jangka panjang.

Strategi Terapkan ESG

Menyikapi isu lingkungan yang sedang terjadi, PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk melakukan beberapa komitmen dalam usahanya terkait dengan prinsip pada ESG. Perusahaan ini mulai menggunakan produk ramah lingkungan dan meninggalkan penggunaan kantong plastik.

 Sebagai gantinya, kantong belanja yang digunakan memakai kantong plastik berbahan Oxium & EPI, kantong belanja guna ulang atau Spunbond, serta kantong belanja berbahan kertas atau paper bag di seluruh gerai usaha miliknya.

Selain penggunaan produk ramah lingkungan sebagai kantong belanja, perusahaan ini juga melakukan efisiensi terhadap penggunaan air, listrik dan bahan bakar minyak sebagai langkah kepeduliaan terhadap lingkungan. Pengelolaan limbah juga menjadi perhatian dari perusahaan ini meskipun dalam usahanya tidak menghasilkan limbah yang berbahaya.

Lebih lanjut, perusahaan ritel ini juga mulai mendorong optimalisasi Teknologi informasi dan Komunikasi (TIK) dalam rangka mewujudkan agenda paperless. Hal ini didasarkan dari penggunaan kertas yang berlebihan akan berdampak negatif pada lingkungan. 

Dalam bidang prinsip sosial, PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk telah menerapkan komitmennya terhadap beberapa aspek. Melibatkan UMKM sebagai pemasok produk fashion menjadi wujud nyata dalam implementasi prinsip sosial. 

Kemudian dalam aspek ketenagakerjaan, perusahaan berkomitmen untuk dapat terus memenuhi seluruh hak-hak karyawan sebagaimana mestinya. Perusahaan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia bagi pekerja serta kesetaraan dalam karir dan bekerja. Terdapat pula pelatihan dan pengembangan kompetensi bagi pekerja.

Terkait bidang tata kelola, perusahaan turut berkomitmen mendukung keinginan Pemerintah Indonesia untuk tetap menciptakan kestabilan perekonomian nasional. Hal demikian dilakukan dengan menjaga kestabilan harga dan ketersediaan barang dalam gerai ritelnya. 

PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk juga berupaya aktif menjalin komunikasi dengan pemerintah dan kementerian terkait guna menyampaikan berbagai persoalan beserta solusinya dan perkembangan dalam usaha bisnis yang dijalani.