Saluran Listrik Bertegangan Tinggi Terlihat di Bouchain, Prancis (Reuters/Pascal Rossignol)
Dunia

Konflik Prancis-Jerman, Industri Energi Uni Eropa Dibayangi Perpecahan

  • Negara-negara di Eropa Tengah dan Timur yang memiliki ambisi ekspansi nuklir sendiri mendukung Prancis. Sementara Belgia, Denmark, Luksemburg, Austria, dan lainnya berada di pihak Jerman.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Para diplomat Uni Eropa (UE) mengatakan pertikaian antara Prancis dan Jerman mengenai masa depan daya saing industri mereka akan menjadi fokus utama pembahasan ketika menteri energi UE bertemu di Luksemburg, Selasa, 17 Oktober2023.

Komisi Eropa mengusulkan perombakan aturan yang mengatur pasar listrik blok tersebut pada bulan Maret tahun ini. Itu setelah Eropa mengalami harga energi yang sangat tinggi pada tahun 2021 dan 2022.

Aturan baru tersebut bertujuan melindungi konsumen dari pasar bahan bakar fosil yang fluktuatif dengan beralih ke kontrak harga tetap jangka panjang. Namun, kemajuannya menuju undang-undang terhambat oleh ketidaksepakatan yang berpusat pada isi hanya satu pasal-19b.

Artikel tersebut menjelaskan bagaimana bantuan negara dapat digunakan untuk mendanai proyek-proyek energi. Berlin khawatir bahwa Prancis, dengan armada nuklirnya yang besar, akan dapat menawarkan kontrak tersebut kepada armada energi nuklir yang sudah ada.

Kemudian menggunakan pendapatan berlebih yang dihasilkan dari kontrak-kontrak tersebut untuk mensubsidi industri. Jerman, mesin ekonomi Eropa, hampir menghadapi resesi setelah kehilangan akses ke pasokan gas Rusia murah yang telah dinikmatinya selama bertahun-tahun. 

Berlin memperkirakan ekonomi akan menyusut sebesar 0,4% tahun ini seiring terus menyusutnya produksi industri. Negara-negara anggota yang tersisa terbagi. Negara-negara di Eropa Tengah dan Timur yang memiliki ambisi ekspansi nuklir sendiri mendukung Prancis. 

Sementara Belgia, Denmark, Luksemburg, Austria, dan lainnya berada di pihak Jerman. Kedua belah pihak telah mengajukan beberapa opsi sejak bulan Juni. Spanyol, yang memegang kepemimpinan UE hingga akhir tahun, telah mencoba mencari kompromi dan pada satu titik mengusulkan penghapusan sepenuhnya pasal 19b.

Menteri akan membahas versi terbaru dari pekan lalu di mana Spanyol mengubah proposal tersebut untuk memusatkan cakupannya pada skema dukungan harga langsung untuk investasi di fasilitas pembangkit listrik baru, sehingga membuat armada nuklir Prancis tidak memenuhi syarat.

Para diplomat UE mengatakan, mereka hanya melihat solusi pada tingkat presiden, tetapi pembicaraan antara Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Olaf Scholz minggu lalu tidak menghasilkan hasil yang nyata.