Direksi Tancorp Group
Korporasi

Konglomerat Surabaya Hermanto Tanoko Kuasai Saham Perusahaan Keramik Cahayaputra Asa (CAKK)

  • Hermanto Tanoko pemilik Tancorp Group mencaplok sebagian besar kepemilikan saham PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK).
Korporasi
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Hermanto Tanoko, konglomerat asal Surabaya dan pemilik Tancorp Group, mencaplok sebagian besar kepemilikan saham PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK). Atas aksi tersebut, Hermanto menjadi pengendali baru CAKK.

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Tancorp Bangun Indonesia (TBI) sudah melakukan pembelian saham CAKK di pasar negosiasi dari PT Marissi Idola Sumber Sejahtera, Johan Silitonga, dan Luciana Sutanto pada Rabu, 19 Oktober 2022.

"Total saham yang dibeli adalah sebanyak-banyaknya 662 juta lembar atau setara dengan 55,02% dari jumlah modal yang disetor dan ditempatkan dalam perseroan," seperti dikutip dalam rilis resmi, Jumat 21 Oktober 2022.

Adapun saham-saham tersebut dibeli dengan harga Rp229 per saham, sehingga total nilai transaksi mencapai Rp151,59 miliar.

Kemudian, direksi TBI mengungkapkan aksi akuisisi ini dilakukan untuk memperkuat dan mengembangkan portofolio investasi di sektor industri bahan bangunan.

CAKK sebagai produsen keramik dinilai memiliki potensi untuk terus berkembang pada masa mendatang.

Seiring dengan aksi tersebut, TBI akan melaksanakan tender offer kepada seluruh saham CAKK yang dimiliki oleh publik, dengan mempertimbangkan ketentuan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No.9/2018.

Sebagai informasi, Hermanto Tanoko tercatat sebagai Direktur Utama TBI dan Belinda Natalia mengisi posisi direktur. Akuisisi ini sekaligus menambah daftar perusahaan dalam portofolio Tancorp Group.