11596.jpg
Ekonomi Syariah

Konsisten Inovasi Layanan Syariah, Bank DKI Raih Penghargaan Ini

  • Bank DKI melalui Unit Usaha Syariah (UUS) bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Badan Amil Zakat Infaq Sadaqoh (Bazis) DKI Jakarta.
Ekonomi Syariah
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA - PT Bank Pembangunan Daerah DKI Jakarta (Bank DKI) melalui Unit Usaha Syariah (UUS) bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Badan Amil Zakat Infaq Sadaqoh (Bazis) DKI Jakarta. Tak ayal, berkat konsistensi dalam berinovasi, bank kebanggaan masyarakat Jakarta itu, mampu meraih beragam penghargaan.

Kerja sama tersebut bertujuan untuk melakukan inovasi terkait layanan perbankan syariah yang memudahkan masyarakat. Salah satunya menyediakan beragam solusi keuangan syariah seperti tabungan haji dan umrah (Taharoh) melalui UUS Bank DKI.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi mengatakan, dalam mengembangkan bisnisnya, UUS Bank DKI juga membangun sinergi dengan BUMD DKI Jakarta dan lembaga lainnya seperti DMI dan Bazis DKI dalam hal optimalisasi layanan perbankan syariah. 

"Bank DKI terus berinovasi dalam layanan perbankan syariah untuk tetap tumbuh dan menjadi pilihan warga DKI Jakarta,” kata Arie sapaan akrabnya dikutip dari siaran pers, Senin 2 Oktober 2023.

Kinerja UUS Bank DKI 

Mengacu pada kinerja keuangan UUS Bank DKI sampai dengan akhir 2022, bank daerah ini mampu mencatatkan laba bersih sebesar Rp191,24. Dari sisi penyaluran pembiayaan syariah sampai dengan Desember 2022 sebesar Rp7,41 triliun atau meningkat 15,81% dari Rp6,39 triliun pada Desember 2021.

Lalu, dari total sisi aset UUS Bank DKI pun ikut mengalami pertumbuhan sebesar 11% menjadi Rp7,91 triliun pada Desember 2022 dari sebelumnya sebesar Rp7,15 triliun pada Desember 2021. 

Diketahui, pertumbuhan aset UUS Bank DKI utamanya ditopang oleh pertumbuhan pembiayaan bagi hasil yang sepanjang 2022 tembus Rp4,64 triliun atau tumbuh 16% secara year-on-year (yoy).

Tak hanya itu, UUS Bank DKI juga telah menerapkan dua kegiatan perbankan berbasis bunga maupun non-bunga sekaligus (DBLM/Dual Banking Leverage Model) sebagai solusi layanan perbankan kepada nasabah yang menghendaki pilihan produk dan layanan syariah.

Raih Penghargaan

Maka, atas inovasi layanan perbankan syariah, UUS Bank DKI berhasil menyabet tiga penghargaan dari Infobank, sebagai Excellence Financial Performance Sharia Business Unit in 2022.

Kemudian ada penghargaan The Best Financial Performance Sharia Business Unit in 2022 (Asset Class IDR 5 Trillion to < 10 Trillion), dan Golden Trophy Excellence Financial Performance Sharia Business Unit in 5 Concecutive Years (2018-2022). Penghargaan tersebut diberikan langsung pada ajang 12th Infobank Sharia Recognition 2023 di Jakarta.

Sementara itu, Direktur Teknologi & Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono menyampaikan terima kasih dan mempersembahkan penghargaan yang diterima kepada Pemprov DKI Jakarta sebagai pemegang saham, nasabah serta mitra bisnis yang selalu memberikan kepercayaan atas produk dan layanan Syariah Bank DKI. 

"Penghargaan yang kami terima merupakan buah dari kerja keras dan komitmen dalam menyediakan layanan keuangan syariah yang unggul dan inovatif. Bank DKI akan terus berupaya untuk memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat dan berkontribusi dalam industri keuangan syariah di Indonesia," ucap Amirul.

Amirul menjelaskan bahwa Bank DKI juga telah menerapkan DBLM (Dual Banking Leverage Model) sebagai solusi layanan perbankan kepada nasabah yang menghendaki pilihan produk dan layanan syariah.

"Di antaranya pembukaan rekening tabungan, giro, deposito, bahkan pembiayaan skema syariah seperti KUR, pembiayaan investasi, modal kerja, ritel dan mikro, serta Konsumer iB, dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang Bank DKI," tutupnya.