PT Bumi Resources Tbk Raih Penghargaan dalam TrenAsia ESG Award 2023
Korporasi

Konsisten Terapkan ESG, Bumi Resources Raih TrenAsia ESG Award 2023

  • PT Bumi Resources Tbk berhasil meraih penghargaan pada kategori Coal dengan predikat Sustainability dalam ajang penganugrahan TrenAsia ESG Award 2023.
Korporasi
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - PT Bumi Resources Tbk berhasil meraih penghargaan pada kategori Coal dengan predikat Sustainability dalam ajang penganugrahan TrenAsia ESG Award 2023.

Chief Executive Officer (CEO) PT Tren Media Berjejaring Sukirno menyatakan bahwa penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki komitmen dalam menerapkan prinsip-prinsip bisnis yang berfokus pada aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG).

“Selamat untuk PT Bumi Resources Tbk yang meraih TrenAsia ESG Award 2023 pada kategori perusahaan Coal. Semoga penghargaan ini dapat menjadi motivasi dan contoh untuk perusahaan-perusahaan lain di Indonesia,” ujarnya sesaat setelah memberikan penghargaan di Raffles Jakarta Hotel, Rabu, 30 Agustus 2023 malam.

Keunggulan operasional BUMI didorong oleh tim yang sangat kompeten yang bekerja keras dan dengan cermat menerapkan HSE dalam fungsi operasional mereka. Penggunaan teknologi informasi terkini telah mempercepat pertumbuhan operasional yang kokoh.

Hal ini memberikan manfaat tidak hanya bagi perusahaan tetapi juga bagi masyarakat dan lingkungan di mana bisnis beroperasi. BUMI meyakini program-program keberlanjutan yang diimplementasikan selalu memberikan keuntungan dan nilai tambah untuk perusahaan, masyarakat dan lingkungan di sekitar wilayah operasionalnya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan telah merumuskan strategi bisnis yang mencakup Good Corporate Citizen, termasuk BUMI CSR Flagship, BUMI CSR Strategic Framework, BUMI CSR Strategic Framework Implementation Plans.

Sukirno mengatakan TrenAsia ESG Award yang memasuki tahun kedua ini hadir untuk merekam jejak perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan prinsip ESG dalam bisnisnya.

Ajang penghargaan ini diharapkan menjadi penyemangat bagi pelaku bisnis bahwa upaya-upaya perusahaan menjaga keberlanjutan akan terus diingat oleh masyarakat, konsumen, dan pemangku kepentingan.

“TrenAsia ESG Award 2023 memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap perusahaan yang telah menjalankan bisnis dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan, menjalankan fungsi tanggung jawab sosial, serta memiliki tata keuangan yang baik,” kata Sukirno di Raffles Jakarta, pada Rabu, 30 Agustus 2023.

Ketua Dewan Juri TrenAsia ESG Award Mas Achmad Daniri meyakini bahwa dengan praktik ESG, perusahaan bukan hanya bisa mengejar laba dan imbal hasil besar, tapi fokus bagaimana keuntungan tersebut memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.  Hal ini pun terbukti dari perusahaan-perusahaan yang telah mengedepankan ESG, lebih tahan banting dan mampu memberikan hasil investasi yang berkelanjutan.

Tim dewan juri TrenAsia ESG Award 2023 terdiri dari Shinta Widjaja Kamdani, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Wakil Ketua Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri Kadin Indonesia; Mas Achmad Daniri, Expert Council Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG); Maria Rosaline Nindita Radyati, President Director Institute for Sustainability & Agility; dan Adhitya Noviardi, Editor in Chief TrenAsia.com.

TrenAsia ESG Award 2023 telah menyaring lebih dari 115 perusahaan di 29 subsektor industri, yang dinilai dari implementasi ESG beserta variable-variabel turunannya. Proses penjurian mulai dari Juni hingga Agustus 2023, berdasarkan laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan periode 2021 dan 2022.

Dari hasil penjurian, Dewan Juri TrenAsia ESG Award 2023 akhirnya memutuskan untuk menetapkan 58 perusahaan dan 4 CEO sebagai peraih penghargaan.