Nasional

Konstruksi Capai 92 Persen, Travoy Hub Ditarget Rampung Maret 2023

  • Presiden Joko Widodo turut meninjau proyek Stasiun Light Rail Transit (LRT) Taman Mini pada 26 Desember 2022. Presiden meninjau proyek dan kesiapan Travoy Hub, yang merupakan Toll Corridor Development (TCD) pertama di Indonesia yang akan ditargetkan rampung pada Maret 2023.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Presiden Joko Widodo turut meninjau proyek Stasiun Light Rail Transit (LRT) Taman Mini pada 26 Desember 2022. Presiden meninjau proyek dan kesiapan Travoy Hub, yang merupakan Toll Corridor Development (TCD) pertama di Indonesia yang akan ditargetkan rampung pada Maret 2023.

Adapun proyek ini dikembangkan oleh anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Jasamarga Related Business (JMRB). Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan, pembangunan Travoy Hub yang terletak di koridor Jalan Tol Jagorawi dapat mengintegrasikan sejumlah transportasi massal di Jakarta.

"Travoy Hub dikembangkan dalam dua tahap. Tahap satu meliputi area inti yang akan mendukung aktivitas masyarakat di sepanjang moda transportasi LRT Taman Mini yang berupa plaza transit," ujar Subakti dalam keterangannya pada Selasa, 27 Desember 2022.

Nantinya LRT ini akan terintegrasi dengan bus Transjakarta, JakLingko, hingga pengguna jalan tol. Selain itu, Travoy Hub juga mengintegrasikan Stasiun LRT Taman Mini dengan pusat bisnis seperti retail, rumah sakit dan rekreasi.

Subakti menambahkan, pengembangan tahap dua Travoy Hub meliputi area pendukung berupa pengembangan area komersial dengan konsep open space serta prasarana umum, termasuk rumah sakit dan ruang terbuka hijau.

Harapannya dengan adanya Travoy Hub juga akan berkontribusi bagi masyarakat, di antaranya dengan menghadirkan potensi serapan tenaga kerja serta sebagai wadah bagi pelaku UMKM dan usaha kreatif.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT JMRB Dian Takdir Badrsyah menjelaskan progres proyek pembangunan Travoy Hub hingga Desember 2022. Hingga saat ini konstruksi Travoy Hub untuk Tahap 1 telah mencapai 92% serta ditargetkan rampung dan beroperasi pada bulan Maret 2023.

"Kami optimis dapat mengejar pembangunan Travoy Hub sesuai target. Kami berharap Travoy Hub dapat mendorong budaya masyarakat untuk menggunakan transportasi umum," tandas Dian.