Penjualan salah satu merk motor listrik di sebuah showroom kawasan Ciater Tangerang Selatan
Nasional

Konversi Motor BBM ke Listrik Dapat Rp 7 Juta, Ini Daftar 21 Bengkelnya

  • Sebentar lagi tepatnya 20 Maret 2023 Pemerintah bakal resmi menggelontorkan insentif untuk motor listrik baik beli baru hingga konversi motor Bahan Bakar Minyak ke listrik sebesar Rp7 juta.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Pada 20 Maret 2023, pemerintah bakal resmi menggelontorkan insentif untuk motor listrik, baik untuk pembelian baru hingga konversi motor bahan bakar minyak (BBM) ke listrik, dengan besaran Rp7 juta per unit.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana mengatakan sudah tersedia 21 bengkel dalam negeri yang memiliki kapabilitas untuk mengkonversi motor listrik.

“Sekarang sudah ada 21 bengkel. Perhitungan kami itu perlu sekitar 40-50 bengkel lah untuk support. Sekarang baru 21," kata Dadan dilansir pada Jumat, 17 Maret 2023.

Ke depannya, pemerintah akan menambah sekitar 20 bengkel untuk menggenjot program ini berjalan cepat. Dadan menjamin para montir di bengkel tersebut diberi pelatihan sebelum konversi motor.

Dadan mengatakan, saat ini bengkel konversi paling jauh berada di Bali dan terbanyak masih di Jakarta, padahal program ini sasarannya nasional. Untuk itu keberadaan bengkel akan terus dikebut sembari program berjalan.

Saat ini, Kementerian ESDM tengah menyiapkan Peraturan Menteri ESDM untuk mengakses subsidi tersebut. Pihaknya juga menyiapkan platform digital untuk untuk memfasilitasi subsidi konversi motor listrik. Platform ini dipastikan akan diluncurkan pada 20 Maret mendatang.

Insentif motor listrik ini ditujukan kepada 200.000 pembelian motor listrik baru 2023. Selain itu, pemerintah juga memberikan insentif konversi motor berbahan bakar fosil ke motor listrik senilai Rp7 juta per unit untuk 50.000 unit.

Berikut Daftar Bengkel Terverifikasi untuk Konversi Motor Listrik :

Bali
PT Percik Daya Nusantara 
PT Roda Elektrik Gemilang

Bekasi 
PTDI-STTD

Bogor
Badan Litbang ESDM
CV Kartanagari Group
PT Tri Mentari Niaga

Depok
Politeknik Negeri Jakarta

Jakarta Pusat
PT Ide Inovatif Bangsa

Jakarta Selatan 
Elders Garage
PT Negara Sains Konversi
PT Strum Technology Asia

Jakarta Timur
PT Handhika Garda Parama

Karawang
PT Mitrametal Perkasa

Mojokerto
PT Sarana Makmur Sejahtera

Suarabaya
Institut Teknologi Sepuluh November
PT Braja Elekterik Motor

Surakarta
PT Ekoelekterik Konversi Mandiri

Tangerang 
Juara Bike (Selis)
PT Electric Vehicie TrimotorIndo

Tangerang Selatan
PT Spora Cahaya Indonesia

Cirebon
PT Cogindo Dayabersama