Dunia

Konyol, Pria Ini Meninggal Setelah Menenggak Alkohol Berlebihan Saat Streaming

  • Seorang livestreamer China meninggal tidak lama setelah menenggak minuman beralkohol dalam jumlah berlebihan di Douyin. Sebuah aplikasi video pendek mirip TikTok.
Dunia
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

BEIJING- Seorang livestreamer  China meninggal tidak lama setelah  menenggak minuman beralkohol dalam jumlah berlebihan di Douyin. Sebuah aplikasi video pendek mirip TikTok.

Pria berusia 34 tahun, yang nama belakangnya diungkapkan sebagai Wang oleh media lokal ini minum setidaknya tujuh botol Baijiu Spirit selama streaming langsung Selasa 16 Mei 2023 lalu. Dia kemudian ditemukan meninggal 12 jam setelah siarannya. Baijiu spirit adalah minuman yang mengandung alkohol hingga 60%.

Kematiannya  dibahas secara luas di internet China dan telah memicu seruan untuk peraturan yang lebih kuat dari industri streaming langsung yang sedang berkembang pesat di negara itu.

Wang dikenal memiliki spesialisasi dalam meminum minuman keras China selama siaran langsung.  Pada 16 Mei, dia telah berpartisipasi dalam empat pertarungan satu lawan satu, di mana para influencer bersaing satu sama lain untuk mendapatkan hadiah paling banyak dari penggemar dalam waktu singkat.

Dia kalah dalam tiga ronde, setelah itu dia harus minum sebotol baiju sebagai hukuman. Pemirsa mengatakan dia minum setidaknya tujuh botol malam itu.

“Wang mengakhiri streaming langsungnya setelah tengah malam. Dia ditemukan tewas pada sore berikutnya, “ kata temannya kepada outlet berita China dan dikutip BBC Senin 22 Mei 2023.

"Ketika keluarganya menemukannya, dia sudah meninggal. Dia  bahkan tidak mendapat kesempatan untuk perawatan darurat," kata seorang pria bernama Zhao kepada Shangyou News. Pemakaman diadakan pada hari Sabtu.

Douyin sudah melarang minum selama streaming langsung, dengan hukuman mulai dari peringatan hingga pengguna dibatasi dari kompetisi streaming langsung dan ditampilkan di aplikasi.

Wang sebenarnya juga telah dilarang dari aplikasi sebelumnya karena minum. Tetapi dia mengakalinya dengan membuka akun baru. Akun terbarunya memiliki lebih dari 44.000 pengikut.

Kematian  Wang telah memicu pengawasan ketat terhadap keamanan dan peraturan aplikasi semacam itu. Surat kabar People's Daily memposting editorial di akun Weibo-nya yang mengkritik "perilaku streaming langsung yang keluar jalur".

Dia adalah salah satu livestreamer China yang kematiannya dikaitkan dengan pekerjaan online mereka. Pada tahun 2021, Yu Hailong menjadi populer karena makan makanan dalam jumlah berlebihan di Douyin. Dia  meninggal setelah bekerja dengan intensitas tinggi selama berjam-jam.

Pada tahun 2018, livestreamer "Dafei", yang dikenal suka minum alkohol dan minyak goreng di depan kamera, juga meninggal tidak lama setelah siaran online.