<p>Gerai Kopi Kenangan / Twitter @Kopikenangan_ID</p>

Kopi Kenangan Rilis Angel Investor, Siap Danai Start Up

  • Peritel minuman grab-and-go Kopi Kenangan milik PT Bumi Berkah Boga meluncurkan Kenangan Fund, investor malaikat (angel investor) yang diprakarsai oleh para pendiri Kopi Kenangan.

Dewi Aminatuz Zuhriyah

Dewi Aminatuz Zuhriyah

Author

JAKARTA –  Peritel minuman grab-and-go Kopi Kenangan milik PT Bumi Berkah Boga meluncurkan Kenangan Fund, investor malaikat (angel investor) yang diprakarsai oleh para pendiri Kopi Kenangan.

Salah satu pendiri Kopi Kenangan, Edward Tirtanata menuturkan, peluncuran angel investor ini diharapkan bisa berkontribusi pada ekosistem start up di Indonesia.

Menurutnya, investasi di perusahaan rintisan merupakan peluang yang tidak boleh dilewatkan.

Apalagi, mengacu pada laporan Oktober 2019 oleh Google, Temasek dan Bain & Company, lintasan ekonomi internet di Asia Tenggara diharapkan meningkat tiga kali lipat dari US$100 miliar atau Rp1.400 triliun (kurs Rp14.000 per dolar Amerika Serikat) menjadi US$300 miliar atau Rp4.200 triliun pada 2025.

Dalam hal ini, Edward menuturkan, keuntungan finansial bukanlah satu-satunya hal yang memotivasi para pendiri untuk membentuk Kenangan Fund.

“Mereka juga berbagi minat pribadi untuk membangun jiwa kewirausahaan di kalangan masyarakat Indonesia dan menciptakan wirausahawan yang berorientasi pada pertumbuhan. Pikiran untuk bisa bekerja dengan talenta-talenta hebat di Indonesia tentunya sangat bermanfaat bagi kami,” kata Edward saat dikonfirmasi TrenAsia.com, Jumat 12 Maret 2021.

Adapun saat ini, Kenangan Fund tidak membatasi jenis sektor start up yang ingin didanai, selama fokus di Indonesia dan memiliki potensi pertumbuhan yang eksponensial.

Beberapa perusahaan rintisan yang sudah didanai adalah NOICE, Otoklix, Dropezy, dengan rata-rata besaran tiket pendanaan berkisar antara US$10.000- $150.000 atau setara dengan Rp140 juta hingga Rp2,1 miliar.

Kopi Kenangan kini telah mengoperasikan 411 toko di berbagai wilayah Indonesia dengan penjualan terbesar di area Jabodetabek.

Baru-baru ini, perusahaan juga mulai merambah ke industri makanan dengan meluncurkan Cerita Roti di 33 gerai Kopi Kenangan di Jabodetabek. (SKO)