Semua Member BTS Punya Akun Instagram Pribadi, Ini 5 Faktanya
Gaya Hidup

Korea Selatan Luncurkan Visa Hallyu, Kabar Baik untuk Fans K-Pop!

  • Pemerintah Korea Selatan memperkenalkan visa perjalanan baru yang dirancang khusus untuk menarik bakat global yaitu visa Hallyu.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Pemerintah Korea Selatan kini telah memperkenalkan jenis visa perjalanan baru yang dirancang khusus untuk menarik bakat global. Visa ini diberi nama visa Hallyu yang secara harfiah diterjemahkan menjadi ‘Gelombang Korea’ seperti K-Pop, drama Korea, dan film Korea yang semakin populer di seluruh dunia.

Program visa Hallyu ini dirancang khusus sebagai respons terhadap gelombang Korea, agar semakin banyak orang asing yang ingin belajar tentang budaya dan industri hiburan Korea.

Seperti yang telah diketahui, saat ini Korea Selatan menjadi pengekspor utama budaya populer dan pariwisata. Sektor ini menjadi bagian yang penting agar ekonominya semakin berkembang. Meningkatnya popularitas budaya Korea di dunia saat ini merupakan hasil dari upaya pemerintah Korea Selatan melalui industri kreatifnya yang didukung dalam bentuk subsidi dan pendanaan. 

Pejabat senior Kementerian Kehakiman Korea Selatan menjelaskan program visa Hallyu ini tidak hanya sebagai respons adanya Hallyu tapi juga karena pandemi COVID-19. Kementerian Kehakiman mendorong program ini karena lonjakan permintaan akan pendidikan mengenai konten budaya Korea untuk menambah momentum lebih lanjut ke Korean Wave serta mendukung budaya lokal dan industri musik yang kini juga terdampak pandemi.

Jika ingin menggunakan visa Hallyu, Anda harus berencana tinggal di Korea Selatan lebih dari 90 hari dan sudah mendaftar pendidikan terkait hiburan. Rincian lebih lanjut mengenai visa Hallyu seperti durasi maksimal tinggal di Korea serta persyaratan usia akan dikonfirmasi lagi pada paruh pertama tahun 2022.

Beberapa tahun terakhir, budaya Korea mengalami peningkatan kepopulerannya, seperti serial Netflix Squid Game, film pemenang Oscar yaitu Parasite, dan grup K-pop terkenal di dunia seperti BTS. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang di seluruh dunia ingin belajar lebih banyak mengenai masyarakat Korea secara keseluruhan.