<p>Daging beku. Dok: pixy.org.</p>
Dunia

Kota Ini Larang Iklankan Produk Daging di Tempat Umum

  • Sebuah kota di Belanda, Haarlem melarang segala macam iklan berkaitan dengan produk berbahan dasar daging.
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

AMSTERDAM - Sebuah kota di Belanda, Haarlem melarang segala macam iklan berkaitan dengan produk berbahan dasar daging.

Larangan tersebut diresmikan minggu lalu setelah diusulkan setahun sebelumnya oleh kelompok partai politik Belanda yang menyoroti lingkungan hidup, GroenLinks.

Atas adanya peraturan ini, per tahun 2024 mendatang, iklan daging dan produk turunannya akan dilarang tayang di tempat umum kota Haarlem seperti halte bus dan videotron.

Mengutip Insider Kamis, 8 September 2022, peraturan ini disahkan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca di kota itu.  Seperti diketahui, beberapa waktu terakhir, daging telah ditambahkan ke daftar resmi produk yang dianggap berkontribusi terhadap perubahan iklim.

"Daging sama berbahayanya untuk  lingkungan seperti bahan bakar fosil.Kami tidak dapat memberi tahu orang-orang bahwa ada krisis iklim dan mendorong mereka untuk membeli produk yang merupakan bagian dari penyebabnya," kata Anggota dewan Kota Haarlem dari partai Groen Links, Ziggy Klazes seperti dikutip TrenAsia.com.

Sekadar Informasi, berdasarkan hasil penelitian, Industri produksi pangan global diperkirakan menghasilkan sekitar sepertiga dari total emisi gas umat manusia.

Emisi dari industri daging menyumbang 60% dari total ini, dua kali lipat jumlah polusi yang dihasilkan oleh produksi makanan nabati.

Sebagai tambahan, pelarangan produk iklan dari produk tertentu rupanya telah terjadi di kota lain di Belanda. Ibukota Belanda, Amsterdam telah melarang penayangan iklan untuk kegiatan yang berkontribusi terhadap perubahan iklim seperti penerbangan, mobil berbahan bakar bensin, dan industri bahan bakar fosil.