<p>Gedung Krakatau Steel di kawasan Gatot Subroto Kuningan. Foto: Panji Asmoro/TrenAsia</p>

Krakatau Information Technology Rilis Aplikasi Smart Village Indonesia

  • Emiten pelat merah PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS) melalui anak usahanya, PT Krakatau Information Technology (Krakatau IT) meluncurkan aplikasi Smart Village Indonesia.

Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Emiten pelat merah PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS) melalui anak usahanya, PT Krakatau Information Technology (Krakatau IT) meluncurkan aplikasi Smart Village Indonesia.

Direktur Utama Krakatau IT Budi Tjandra Negara mengatakan, aplikasi ini merupakan hadiah yang diberikan oleh perseroan untuk ulang tahun Kota Cilegon yang ke-22 pada tanggal 27 April 2021.

“Aplikasi ini bertujuan untuk mewujudkan Kota Cilegon sebagai Kota Smart atau Kota Pintar. Dengan tagline Warga Pintar Masa Kini Hanya Dalam Satu Genggaman, konsepnya dibangun untuk mendekatkan warga dan pemerintah,” mengutip siaran resmi, Rabu, 28 April 2021.

Smart Village Indonesia, lanjutnya, juga bisa membantu warga untuk melakukan pendataan kependudukan, pengelolaan dan kepengurusan RT dengan cara yang efisien, akurat, dan transparan.

Nantinya, masyarakat diharapkan turut berperan aktif, baik dalam mendapatkan informasi maupun menyampaikan saran dan segala kebutuhan informasi yang dibutuhkan melalui aplikasi ini.

Adapun aplikasi bisa diakses melalui handphone Android dengan mengunduh di Google Playstore.

Ke depan, kata Budi, pengembangan akan dirancang guna mendukung pembangunan Commad Center di Kota Cilegon. Hal ini untuk memastikan semua aktivitas sekaligus menampung kebutuhan dan keluhan masyarakat agar dapat segera ditanggulangi.

“Krakatau IT berkomitmen untuk mengembangkan aplikasi Smart Village Indonesia agar bisa diterima di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Menurut Budi, ini akan berguna dan membantu pemerintah setempat dalam menentukan kebijakan yang tepat sasaran. Aplikasi Smart Village Indonesia diklaim sebagai aplikasi unggulan di samping produk Krakatau IT lainnya, seperti Krakatau Hospital System (KHS).

Diketahui, KHS kini telah diimplementasikan di lebih dari 25 rumah sakit di seluruh Indonesia. Kemudian beberapa produk lainnya, yakni eProcurement, Business Intelligence, eOffice, eSmart, dan Cyber Security. (SKO)