Potret Tebing Breksi
Destinasi & Kuliner

Kreativitas Menyulap Tambang Batu Menjadi Destinasi Wisata Tebing Breksi

  • Membahas destinasi di wilayah Yogyakarta seakan tidak ada habisnya karena banyak sekali tempat yang mempesona untuk dikunjungi.

Destinasi & Kuliner

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - Membahas destinasi di wilayah Yogyakarta seakan tidak ada habisnya karena banyak sekali tempat yang mempesona untuk dikunjungi. Tebing Breksi adalah salah satunya.

Sebuah destinasi wisata yang berada di lingkup provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini menyimpan pesona yang menarik untuk dikunjungi. Terdapat banyak keunikan-keunikan yang mungkin tidak dapat ditemui di tempat atau destinasi lainnya. 

Destinasi ini pada awalnya merupakan kawasan pertambangan batu yang ditutup oleh pemerintah. Sebab ditutupnya yaitu karena dikhawatirkan akan merusak ekosistem alam. Bermula dari hal tersebut tempat ini kemudian menjelma menjadi destinasi wisata yang mengundang banyak wisatawan untuk mengunjungi. 

Hal tersebut tidak terlepas dari kreativitas warga sekitar yang berperan banyak dalam usaha memanfaatkan bekas area tambang menjadi lokasi yang bernilai pariwisata dan ekonomi. Hingga pada medio tahun 2015 kawasan tambang yang kemudian dikenal sebagai Tebing Breksi ini diresmikan langsung oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Daya tarik utama dari wisata di Tebing Breksi yaitu pesona tebing yang diukir dengan berbagai macam bentuk ukiran. Berlokasi di kawasan yang mengandung batuan kapur menjadikan tebing ini dapat dengan mudah diukir oleh para seniman. Terdapat ukiran yang berbentuk naga dengan ukuran yang cukup besar di salah satu sisi bagian tebing. 

Tidak hanya itu, terdapat pula ukiran tokoh pewayangan yang terpahat di salah satu bagian sisi tebing. Ragam ukiran yang menghiasi kawasan Tebing Breksi ini menjadi spot primadona bagi pengunjung untuk memuaskan keingan berswafoto. Ukiran-ukiran yang ada di tebing tersebut seakan seperti relief yang ada pada candi.

Pada tebing-tebing yang ada di kawasan wisata ini terdapat pula tangga yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk menuju bagian atas. Tangga yang digunakan untuk menuju atas tebing pun juga dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat estetik dan fotogenik juga tentunya. Pada bawah tebing juga terdapat tempat yang dapat digunakan sebagai tempat pertunjukan.

Daya tarik lain dari Tebing Breksi yaitu lokasinya yang berada di atas perbukitan. Letak yang demikian menambah pesona dari destinasi wisata ini. Bila cuaca sedang cerah, wisatawan yang berkunjung dapat melihat langsung Gunung Merapi yang tinggi menjulang. Dari tempat ini juga kita dapat menikmati suasana sunrise dan sunset.

Wisata Tebing Breksi secara spesifik terletak di Desa Sambirejo, Kabupaten Sleman, DIY. Lokasi tebing ini sangat mudah diakses baik oleh kendaraan roda dua hingga bus pariwisata sekalipun. Terdapat banyak penanda arah yang menunjukkan ke arah wisata Tebing Breksi ini. Jalanan menuju wisata ini juga terbilang sudah bagus. 

Berbicara soal harga tiket untuk memasuki kawasan ini dibanderol Rp10.000,00. Fasilitas yang terdapat di kawasan ini lengkap mulai tempat parkir luas, toilet umum, hingga tempat makan semuanya tersedia lengkap disini.