Ilustrasi Credit Rating
Industri

Kredit Biro Indonesia Jaya Rombak Jajaran Komisaris dan Direksi

  • PT Kredit Biro Indonesia Jaya (KBIJ), lembaga pengelola informasi perkreditan (LPIP) berizin dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan
Industri
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA – PT Kredit Biro Indonesia Jaya (KBIJ), lembaga pengelola informasi perkreditan (LPIP) berizin dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mengangkat tim manajemen baru untuk mencapai visi strategis perusahaan yang luas dalam membantu mempercepat inklusi keuangan di Indonesia.

Adapun susunan lengkap tim manajemen baru adalah: Komisaris Utama Ronny Kasim, Komisaris Ronald Waas, Direktur Utama Agus Subekti, Direktur Bisnis dan Layanan Anton Adiwibowo dan Direktur Teknologi dan Informasi Ivan Irawan. 

Ronny Kasim, Komisaris Utama KBIJ menyatakan saat ini inovasi layanan keuangan digital di Indonesia berlangsung lebih cepat dari sebelumnya dan gap inklusi keuangan yang semakin besar bagi konsumen dan pelaku usaha yang unbanked dan underbanked terus menjadi agenda utama nasional. 

“Dengan keahlian yang mumpuni serta pengalaman yang luas dari tim manajemen yang baru, KBIJ akan mengembangkan cakupan dan kedalaman informasi perkreditan dengan tujuan menghadirkan skor dan informasi kredit yang lengkap dan akurat kepada berbagai mitra bisnis kami,” kata dia dalam keterangan tertulis yang dikutip, Kamis, 2 Desember 2021.

Dengan kepemilikan dan tim manajemen yang baru, perusahaan berencana untuk segera meluncurkan beberapa produk bernilai tambah seperti skor kredit yang komprehensif, laporan kredit yang disesuaikan, dan peringatan risiko.

Selain itu, KBIJ juga akan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan dan bermitra dengan sumber data alternatif yang kredibel untuk menyediakan model penilaian kredit yang khusus dan dapat dikustomisasi. Perusahaan juga berencana untuk menghadirkan aplikasi konsumen yang memungkinkan masyarakat Indonesia untuk memeriksa skor dan laporan mereka sendiri.

Ronny Kasim sendiri bukanlah sosok baru di industri ini. Sebelumnya ia menjabat sebagai Direktur Utama Pefindo Credit Rating Agency dan juga pernah menjabat berbagai posisi senior di organisasi global termasuk Fiserv Inc., Fermat, First National Bank, dan Moody's.

Adapun Agus Subekti sebelumnya berkarir di Bank Permata dan PT Pemeringkat Efek Indonesia, dengan spesialisasi di perkreditan, pemeringkatan UKM, skor kredit, sistem informasi perkreditan, dan konsultasi perbankan.