CEO Kredivo Alie Tan
Korporasi

Kredivo Bakal Kuasai 75% Saham Bank Bisnis (BBSI), Akan Bergeser ke Arah Bank Digital

  • Induk perusahaan Kredivo PT Financcel Teknologi Indonesia (FTI) berencana untuk kembali menambah kepemilikan terhadap PT Bank Bisnis Internasional Tbk (BBSI) dengan pembelian sebanyak 35%, sehingga total kepemilikan saham FTI terhadap BBSI menjadi 75%.
Korporasi
Merina

Merina

Author

JAKARTA - Induk perusahaan Kredivo, PT Financcel Teknologi Indonesia (FTI) berencana untuk kembali menambah kepemilikan terhadap PT Bank Bisnis Internasional Tbk (BBSI), dengan pembelian sebanyak 35%, sehingga total kepemilikan saham FTI terhadap BBSI menjadi 75%.

Berdasarkan keterbukaan informasi BEI, Adapun 15,27% saham yang dibeli berasal dari kepemilikan Sudjono Suriadi, kemudian 13,78% dari kepemilikan PT Sund Land Investama, sedangkan 5,95% lainnya berasal dari saham kepemilikan PT Sun Antanursa Invesment.

Sesuai dengan peraturan yang berlaku, pengambilalihan ini akan dilakukan setelah mendapatkan persetujuan dari para pemegang saham dalam RUPSLB yang akan dilaksanakan pada 24 Maret mendatang, dengan target waktu pengambilalihan pada 7 April 2022.

Setelah transaksi pengambilalihan ini, maka struktur kepemilikan saham BBSI akan berubah menjadi, FTI dengan kepemilikan 75%, Sudjono Suriadi 4,91%, PT Sun Antarnusa Invesment 4,17%, dan Masyarakat sebesar 15,92%.

Adapun pengambialihan ini bertujuan untuk mengakomodir dan menciptakan peluang untuk bertransformasi ke arah bank digital, guna memenuhi kebutuhan pelanggan baik dari segmen ritel maupun UMKM, serta mempercepat pertumbuhan PDB di Indonedia, dan mendukung gerakan pemerintah dalam meningkatkan loterasi keuangan dan akses perbankan pada sektor UMKM.

Sebelumnya, FTI telah melakukan pengambilalihan saham BBSI pada Mei 2021, sebanyak 24% saham BBSI yang kemudian bertambah sebanyak 40% pada Oktber 2021.