Peresmian kerja sama Kredivo dan MRT Jakarta di stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Rabu, 16 Oktober 2024.
Fintech

Kredivo Jadi Penyedia Paylater Pertama untuk Pengguna MRT Jakarta

  • Dengan adanya metode pembayaran ini, pengguna dapat membayar tiket melalui aplikasi MRT menggunakan Kredivo.

Fintech

Idham Nur Indrajaya

JAKARTA - Kredivo, sebagai platform kredit digital terkemuka di Indonesia, resmi bekerja sama dengan PT MRT Jakarta (Perseroda). 

Melalui kerja sama ini, Kredivo menghadirkan layanan pembayaran "Paylater" yang pertama untuk MRT Jakarta. Fasilitas ini memungkinkan pengguna MRT untuk menikmati layanan buy now pay later (BNPL). 

Dengan adanya metode pembayaran ini, pengguna dapat membayar tiket melalui aplikasi MRT menggunakan Kredivo. Lily Suriani, Direktur Pemasaran dan Strategi Kredivo, menyatakan, pihaknya sangat bersemangat dalam menghadirkan layanan Paylater untuk pengguna MRT sebagai bentuk komitmen kami dalam menyediakan solusi pembayaran digital yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan pengguna, termasuk transportasi. 

“Dalam kehidupan urban yang dinamis, fleksibilitas dan kemudahan akses sangat penting. Oleh karena itu, kolaborasi ini diharapkan dapat mendukung gaya hidup perkotaan melalui solusi pembayaran yang cepat, praktis, dan terjangkau,” ," kata Lily dalam konferensi pers peresmian kerja sama Kredivo dan MRT di Jakarta, Rabu, 16 Oktober 2024. 

Dia optimistis dengan kolaborasi ini dapat mencapai visi untuk memperluas jangkauan Kredivo hingga puluhan juta pengguna dalam beberapa tahun ke depan.

Dukung Keberlanjutan dan Pencapaian SDGs

Lily menambahkan bahwa kolaborasi strategis ini juga selaras dengan upaya Kredivo sebagai bagian dari sektor jasa keuangan untuk mendukung transportasi publik yang hemat energi dan ramah lingkungan. 

Langkah ini merupakan bagian dari kontribusi Kredivo dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) yang diusung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui roadmap keuangan berkelanjutan. 

Kolaborasi ini diharapkan memiliki prospek yang cerah di masa mendatang, mengingat peran kedua layanan semakin signifikan dalam menunjang gaya hidup masyarakat perkotaan. Saat ini, Kredivo tercatat memiliki sekitar 10 juta pengguna di seluruh Indonesia, dengan tren penggunaan 

Paylater yang terus meningkat. Pada tahun 2023, transaksi Paylater Kredivo di merchant offline mengalami peningkatan hingga 169%, menyumbang hampir 30% dari total transaksi Paylater. Fakta ini menunjukkan potensi besar bagi adopsi layanan Paylater di MRT Jakarta. 

Pertumbuhan Pengguna MRT dan Tren Pembayaran Digital 

MRT Jakarta juga mencatat pertumbuhan pengguna yang signifikan. Dengan peningkatan penumpang sebesar 18,7% secara year-on-year, MRT kini memiliki lebih dari 158.000 pengguna aktif setiap bulan yang mengakses aplikasi MyMRTJ. 

Farchad H. Mahfud, Direktur Pengembangan Bisnis MRT Jakarta, menyambut baik kolaborasi ini, "Kami sangat antusias dengan kerja sama bersama Kredivo dalam menyediakan opsi pembayaran Paylater pertama di MRT Jakarta. Inisiatif ini sejalan dengan komitmen kami untuk mendukung transformasi dan digitalisasi dalam sistem pembayaran di lingkungan MRT." 

Farchad menambahkan bahwa dengan semakin banyaknya pengguna MRT yang tech-savvy, kolaborasi dengan Kredivo sebagai penyedia layanan pembayaran digital adalah langkah strategis. Hal ini diharapkan dapat memberikan fleksibilitas dan kenyamanan yang lebih besar bagi para penumpang MRT. 

"Dalam satu bulan terakhir, respons positif dari pengguna menunjukkan minat yang tinggi terhadap metode pembayaran yang fleksibel seperti Kredivo," ujar Farchad. 

Sebagai bagian dari upaya menarik minat pengguna, Kredivo menawarkan promo khusus bagi pengguna MRT. Hingga 31 Desember 2024, pengguna yang melakukan transaksi pertama di MRT menggunakan Kredivo dapat menikmati diskon sebesar 50% dengan maksimal potongan Rp20.000.