Gaya Hidup

Kru Pesawat Tampil Trendi Jadi Trik Super Air Jet Milik Rusdi Kirana

  • Super Air Jet, maskapai bentukan pendiri Lion Air Group Rusdi Kirana, menawarkan penampilan kru pesawat yang super trendi.
Gaya Hidup
Daniel Deha

Daniel Deha

Author

JAKARTA - Super Air Jet, maskapai bentukan pendiri Lion Air Group Rusdi Kirana, akan terbang perdana (inaugural flight) dalam waktu yang tidak lama lagi sambil menunggu kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat yang dikeluarkan pemerintah.

Memiliki kode penerbangan Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional (The International Air Transport Association/IATA) IU, maskapai yang didirikan pada 1 Maret 2021 ini berupaya menyasar seluas mungkin kaum milenial untuk melakukan penerbangan domestik maupun internasional.

Direncanakan, Super Air Jet akan melayani terlebih dahulu rute penerbangan di enam kota, yaitu Jakarta, Palembang, Medan, Padang, Batam, dan Pontianak.

Fokus utamanya adalah menawarkan konsep berbiaya rendah dengan penerbangan langsung antarkota secara point-to-point di pasar domestik dan nantinya dapat merambah ke rute-rute internasional.

Seragam Super Trendi

Sebagai pendatang baru di dunia penerbangan nasional, Super Air Jet menawarkan sesuatu yang amat berbeda dengan maskapai-maskapai lainnya.

Tidak hanya penerbangan murah dan pesawat yang baru, Super Air Jet ternyata menghadirkan layanan yang sangat kekinian. 

Salah satu yang paling menonjol adalah gaya berpakaian dan warna seragam kru pesawat yang sangat trendi dimana mengikuti pilihan gaya hidup generasi masa kini.

Tidak seperti gaya berpakain kru pesawat domestik lainnya, kru pesawat Super Air Jet atau yang disebut "Super Crew" umumnya menggunakan pakaian berwarna "khaki".

Warna ini berasal dari warna tanah dan turunan warna kulit orang Asia yang mayoritas dijumpai di Indonesia.

"Super Air Jet menilai, penggunaan warna bumi (gradasi antara warna cokelat dan putih) sebagai ciri khas ketika dikenakan bersamaan balutan seragam SUPER Crew tampilannya terkesan natural (kalem), hangat, menenangkan, bersahabat, enerjik dan penuh ceria," ujar Direktur Utama Super Air Jet Ari Azhari dalam keterangan yang diterima TrenAsia.com, Rabu, 4 Agustus 2021.

Ari mengatakan, penentuan warna seragam juga melibatkan kategori turunan warna emas. Warna ini memiliki pesan kesuksesan atau pencapaian prestasi, kemuliaan, kemakmuran, sehingga setiap Super Crew senantiasa mendorong terus bergerak maju dan berwawasan luas guna melayani penumpang dengan sepenuh hati.

Adapun seragam kru pesawat bahan berkontur tebal yang dibuat mengenakan resleting, pengembangan semi model jaket lengan panjang berkerah pendek dan digulung hingga pergelangan tangan.

Sementara itu, celana panjang model lurus namun digulung hingga di atas mata kaki, dilengkapi karet elastis pada ban pinggangnya, dihiasi pelengkap sejumlah kantong di bagian samping.

Pemakaiannya mirip dengan backpack hanya saja bagian pinggang menggunakan tali serut (tanpa ikat pinggang).

"Ini mencerminkan potongan makin muda, santai, dinamis. Warna yang lembut dari warna cokelat ini juga akan membuat penampilan SUPER Crew terlihat keren, elegan, simple, serta salah satu cara Super Air Jet melestarikan kain," pungkas Ari.

Selanjutnya, para awak pesawat juga semakin percaya diri dengan perpaduan sepatu santai (sneakers) putih. Sneakers merupakan satu jenis sepatu paling populer di kalangan anak muda, perkembangannya sangat disukai khususnya di kalangan generasi milenial.

Sepatu tersebut juga menciptakan rasa aman ketika berjalan karena tidak ada suara. Konon model sepatu ini adalah yang tertua di dunia, dimana sekitar era 1917-1924, sepatu ini mulai diproduksi dan digunakan untuk khalayak.

Tidak berhenti di situ, Super Air Jet memang tahu apa yang diinginkan anak muda "zaman now". Karena itu, pramugari maskapai juga mengenakan tas selempang (half moon bag) sesuai standar bahu wanita juga berwarna putih, perpaduan senada dengan sneakers.

Dengan penampilan visual yang terang, tentu akan memberikan penampilan smart-casual, pesona kekinian makin terpancar.

"Super Air Jet mengharapkan, ketika para milenial bertemu Super Crew di bandar udara atau di pesawat, mendapatkan suasana terbaru, pemandangan terkini, asyik dan pastinya akan memikat minat terbang dan lebih dekat dunia penerbangan," ungkap Ari.

Mengapa "Super Crew"?

Sejalan dengan istilah milennial yang sedang akrab terdengar dan populer ini, telah menginspirasi Super Air Jet memberikan nama kru pesawatnya dengan sebutan "SUPER CREW".

Nama ini adalah sebuah refleksi filosofis yang berikhtiar membentuk karakter dan energi baru dalam mengembangkan kru maskapai hingga masa mendatang.

Setiap huruf dalam kata "SUPER CREW' memiliki makna yang memantapkan visi penerbangan maskapai Super Air Jet.

Huruf "S" merupakan singkatan dari Superior. Artinya, untuk memberikan pelayanan tinggi (atau baik), mutu dan unggul, sistematis, tetap mengesankan, efektif serta efisien.

Kemudian "U" berarti Universal, yaitu bergerak bersama dari sekarang, agar makin luas jangkauan serta berlaku (melingkupi) keseluruhan (tanpa perbedaan).

Selanjutnya, "P" artinya Passion, yaitu perasaan sangat kuat atau rasa semangat besar yang dimiliki sesuai minat saat bekerja, sehingga menimbulkan ketulusan melayani.

Sementara "E" bertarti Emphaty, yaitu memahami setiap layanan adalah berharga, menganggap orang lain seperti bagian dari keluarga Super Air Jet.

Untuk "R" berarti Respecting, bermaksud melayani sepenuh hati, perasaan dan tampilan emosional kian tertata, luwes, menunjukkan kekaguman terhadap
orang lain adalah spesial atas rasa hormat.

Kemudian, "C" berarti Connecting, yaitu merasa bagian dari keluarga maskapai guna menemani banyak orang ketika bepergian, keterlibatan kreativitas dan minat yang dimiliki mampu membangun hubungan baik kepada semua pihak.

Untuk "R" berarti Responsibility, yaitu membaca situasi dan bertanggungjawab atas sesuatu diyakini karena ide dan tindakan, menyukai porsi pengembangan
diri secara personal dan profesional.

Selanjutnya, "E" berarti Energic, bermaksud menciptakan generasi dan semangat muda penuh optimisme tinggi, antusias, super selektif, dinamis, melihat peluang dan menghadapi tantangan bagian kesempatan.

Terakhir, "W" berarti Worldwide, yaitu penegasan selalu berwawasan luas (global), bijak mengikuti tren perkembangan dan memiliki keingintahuan tinggi, motivasi atas kemauan diri.*