WhatsApp Image 2023-07-28 at 15.23.27.jpeg
Nasional & Dunia

Moeldoko Sebut Masyarakat Setempat Dukung Penuh Pembangunan Bandara Internasional Bali Utara

  • Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menyebut pembangunan Bandara Internasional Bali Utara mendapat dukungan penuh dari masyarakat setempat.
Nasional & Dunia
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menyebut pembangunan Bandara Internasional Bali Utara mendapat dukungan penuh dari masyarakat setempat. 

"Menjadi tugas kami untuk melaporkan kepada Presiden bahwa pembangunan Bandara Internasional Bali Utara yang digagas oleh PT BIBU Panji Sakti, mendapat dukungan penuh dari seluruh masyarakat Bali Utara" ujarnya saat melakukan kunjungan kerja di Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali, Kamis. 

Dikutip TrenAsia.com dari  Antara pada Jum'at, 28 Juli 2023, Moeldoko mengatakan aspirasi masyarakat soal pembangunan bandara yang rencananya dibangun di lepas pantai itu akan diteruskan kepada Presiden Joko Widodo. 

Direktur Utama PT Bandara Internasional Bali Utara (BIBU) Panji Sakti Erwanto Sad Adiatmoko Hariwibowo mengaku optimis soal kelanjutan pembangunan bandara di wilayah utara Bali tersebut. 

"Agenda kunjungan kerja KSP Moeldoko ini, semakin meyakinkan masyarakat yang sangat antusias ingin membangun perekonomian baru di wilayahnya melalui bandara baru ini, setelah kunjungan Ketua DPD RI, sebulan yang lalu," terangnya.

Moeldoko juga menyebut bahwa pembangunan ini adalah kebutuhan untuk pemerataan ekonomi di Pulau Dewata baik bagian utara maupun selatan. 

"Kita tidak bisa melihat perekonomian Bali hanya dari Kabupaten Badung saja. Tetapi juga harus melihat perekonomian di Kabupaten Buleleng dan lainnya," jelasnya.

Ia kekeh mengatakan pembangunan bandara di Buleleng tersebut tidak bisa ditunda lagi. Terlebih kajian mengatakan pembangunan infrastruktur tersebut perlu dilakukan sebagai upaya pemerataan ekonomi. 

"Keberadaan bandara di Bali Utara akan menciptakan lapangan kerja yang berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi kawasan sekitar," tambahnya. 

Meski sebelumnya sempat dikeluarkan dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN), Moeldoko menilai pembangunan Bandara Bali Utara dapat menjadi bagian dari rencana pembangunan jangka panjang dan akan dimasukkan dalam dokumen strategis. 

Bandara Internasional Bali Utara 

Berdasarkan data pada laman PT BIBU, Bandara Bali Utara dirancang mampu melayani penumpang hingga 50 juta orang per tahun dan melayani pergerakan 378 ribu pesawat. 

Bandara yang rencananya dibangun di lepas pantai ini memiliki panjang landasan mencapai 3.600 meter, sehingga mampu mengakomodasi pesawat berbadan lebar diantaranya jenis Boeing 777-300.

Pihak BIBU, juga merancang bandara itu akan mempekerjakan sekitar 25 ribu orang tenaga kerja.