Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Delonix Nusantara, di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu (25/09/2024).
Nasional

Kucurkan Investasi Rp500 Miliar di IKN, Inilah Profil Delonix Group China

  • Salah satu investor asing asal China Delonix Group, baru saja menginvestasikan Rp500 miliar untuk membangun kawasan serba guna (mixed use) di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Nasional

Distika Safara Setianda

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan ada tiga investor asing yang menunjukkan minat untuk berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Salah satu investor asing asal China Delonix Group, baru saja menginvestasikan Rp500 miliar untuk membangun kawasan serba guna (mixed use) di IKN.

Kawasan serba guna ini akan dibangun di atas lahan seluas 24 ribu meter persegi, yang akan dikembangkan menjadi model J Hotel, service apartemen, pusat perbelanjaan, perkantoran, serta fasilitas olahraga dan kebugaran di Ibu Kota Nusantara.

“Dengan investasi di IKN ini, Delonix Group masuk sebagai perusahaan asing perintis yang berinvestasi di IKN. Dan ini akan membawa dampak kepercayaan pada investor-investor lain untuk juga segera masuk ke Ibu Kota Nusantara,” kata Jokowi, dilansir dari setkab.go.id.

Lalu, siapa sebenarnya Delonix Group? Yuk, simak artikel berikut!

Profil Delonix Group

Delonix berkantor pusat di Shenzhen, China, didirikan oleh sosok legendaris Alex Zeng. Grup ini mengelola 16 merek hotel dan resor internasional, serta lebih dari 1.600 properti hotel yang sudah beroperasi maupun dalam tahap pembangunan.

Dilansir dari en.delonix.group, Delonix adalah grup investasi dan pariwisata global, yang telah menerima investasi dari perusahaan investasi terkenal dunia seperti Sequoia Capital dan Ocean Link Management.

Bisnis utamanya berfokus pada sektor konsumen offline seperti hotel, restoran, dan lounge bandara. Dalam portofolio investasinya, Delonix memiliki grup hotel mewah New Century Hotels and Resorts, serta perusahaan inovatif Betterwood Lifestyle Lab.

Portofolio investasi grup ini mencakup lebih dari 1.300 hotel yang dikelola dan dikontrak, tersebar di berbagai pusat bisnis dan wisata utama di seluruh dunia, dengan total lebih dari 195.000 kamar.

Delonix telah memperluas kehadirannya di pasar perhotelan Indonesia, Singapura, dan Jepang dan berdedikasi untuk lebih mengembangkan pasar perhotelan Asia, dengan tujuan menciptakan pengalaman hotel yang segar dan menarik bagi konsumen.

Didirikan pada tahun 2023, PT Delonix Group Indonesia merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Delonix Group, yang berkantor pusat di Jakarta. PT Delonix Group Indonesia bertanggung jawab utama untuk mengembangkan bisnis jaringan hotel di Indonesia.

Pada tahap awal, Delonix Indonesia memperkenalkan dua merek hotel, Ruby Hotel dan MJ Hotel. Dengan fokus pada wilayah Jabodetabek, perusahaan ini menargetkan untuk membuka 20 hotel sewa dalam waktu tiga tahun.

Sementara, Delonix Group didirikan oleh Alex Zheng, seorang pengusaha di bidang perhotelan. Kariernya dimulai pada tahun 2005 ketika ia mendirikan 7 Days Inn dan menjabat sebagai CEO.

Pada tahun 2009, 7 Days Inn berhasil terdaftar di Bursa Efek New York dengan jumlah 4.000 hotel dan 320.000 kamar. Keberhasilannya semakin bersinar pada tahun 2013 ketika ia menggabungkan 7 Days Inn untuk membentuk Plateno Group, yang terdiri dari 6.600 hotel dan 500.000 kamar.

Pada 2016, Plateno Group kemudian dijual kepada Jin Jiang Hotels dengan nilai US$1,8 miliar. Setahun kemudian, pada 2017, ia mendirikan Betterwood Hotel Group, yang menandai fase baru dalam kariernya.

Pada tahun 2018, Zheng diangkat sebagai Ketua di Magic Life Services Group. Lalu, pada tahun 2021, ia mendirikan Delonix Group dengan menggabungkan New Century Hotels Group dan Betterwood Hotel Group.