Presiden Jokowi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN), Segmen 3B, Ruas KKT Kariangau – Sp. Tempadung, Kota Balikpapan, Rabu, 22 Februari 2022.
Nasional

Kunjungi IKN, Jokowi Groundbreaking Proyek Investasi Swasta

  • Objek yang akan dilakukan groundbreaking yaitu proyek Hotel Nusantara yang terletak di kawasan IKN.

Nasional

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek investasi swasta di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kamis 21 September 2023. 

Hal tersebut sejalan dengan kunjungan sederet agenda kunjungan presiden di Pulau Kalimantan. Adapun objek yang akan dilakukan groundbreaking yaitu proyek Hotel Nusantara yang terletak di kawasan IKN.

Tidak hanya itu, terdapat serangkaian agenda Jokowi lain meliputi meninjau perkembangan pembangunan fasilitas pendukung di IKN dan meninjau perkembangan Pusat Persemaian Mentawir. Jokowi juga akan melakukan pemutaran tuas bendungan Sepaku Semoi sebagai simbol penutupan pintu bendungan untuk pengisian awal air.

Sebelum menuju kawasan IKN, Presiden akan mengunjungi Kota Samarinda untuk meninjau harga kebutuhan pokok dan menyapa masyarakat di Pasar Merdeka. Kabar tersebut diketahui dari keterangan resmi dari Biro Pers, Media, dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden, dikutip Kamis.

Sebelumnya, tujuh investor swasta dalam negeri dikabarkan akan melakukan pembangunan infrastruktur publik di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Penandatanganan kesepakatan pembangunan telah dilakukan antara investor dengan badan usaha milik Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Bina Karya. 

“Paling tidak ada tujuh perusahaan swasta yang menandatangani kesepakatan dengan OIKN melalui Bina Karya. Rencana groundbreaking akan dilakukan pada Agustus atau September mendatang karena saat ini tengah tahap persiapan,” ujar Deputi Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Negara (OIKN), Agung Wicaksono.

Agung Wicaksono menyatakan pembangunan (IKN) Nusantara telah menarik ratusan investor. Hingga September 2023, tercatat ada 284 investor yang tengah dalam tahap pemrosesan Letter of Intent (LoI) oleh Pihak Otorita IKN

Hampir separuh investor yang tertarik tersebut berasal dari dalam negeri, sementara sisanya berasal dari luar negeri. “Hampir setengahnya dari dalam negeri,” ujar Agung. Negara tetangga yang tertarik berinvestasi di IKN seperti Malaysia dan Singapura serta negara Asia lain seperti China dan Jepang. 

Salah satu investor yang akan membangun di IKN yaitu PT Pakuwon Jati Tbk (Pakuwon) perusahaan tersebut menjalin kerja sama dengan jaringan hotel internasional Marriott International guna membangun tiga hotel di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang rencananya yaitu Westin, Four Points dan Tribute Portfolio. Rencananya pembangunan hotel tersebut berada di titik strategis IKN yaitu di depan Taman Sumbu Kebangsaan.