Jokowi
Nasional

Kunker ke Pindad, Jokowi Ajak Prabowo Naik Kereta Cepat

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menggunakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) saat mengunjungi PT Pindad pada Selasa, 19 September 2023. Kali ini Jokowi naik kereta cepat bersama Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menggunakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) saat mengunjungi PT Pindad pada Selasa, 19 September 2023. Kali ini Jokowi naik kereta cepat bersama Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto.

Dalam kunjungan tersebut presiden menggunakan KCJB untuk pulang pergi dari Stasiun Halim menuju Stasiun Tegalluar dan sebaliknya. Usai turun dari kereta cepat, Presiden Jokowi melanjutkan dengan melakukan kunjungan ke depo kereta yang berada di Tegalluar. 

Usai mengunjungi Depo kereta cepat tersebut, Jokowi lantas bertolak menuju PT Pindad untuk melakukan kunjungan di perusahaan produsen alutsista dari dalam negeri itu. Bersama Menhan, Jokowi menggunakan mobil maung berkeliling fasilitas produksi Pindad.

Usai mengunjungi, Presiden bersama rombongan melakukan makan siang di salah satu restoran di Kota Bandung sebelum kembali bertolak ke Jakarta menggunakan KCJB.

Kali Kedua

Presiden Jokowi sebelumnya diketahui telah menjajal kereta cepat dari Stasiun Halim hingga Stasiun Padalarang, Rabu 13 September 2023. Dari Stasiun Padalarang, Jokowi akan melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Bandung dengan menggunakan Kereta Pengumpan (KA Feeder). 

Perjalanan Halim Bandung tersebut ditempuh selama 50 menit dengan rincian Halim-Padalarang selama 28 menit dilanjut menggunakan KA Feeder dari Padalarang menuju Bandung selama 20 menit. Kereta yang membawa presiden tersebut diketahui berangkat dari Halim sekira pukul 08.59 WIB.

Dalam perjalanannya menuju Bandung menggunakan kereta berkecepatan 350km/jam tersebut, Presiden didampingi sejumlah menteri dan penjabat (PJ) gubernur serta sejumlah influencer atau pemengaruh seperti Raffi Ahmad dan Yuni Shara.

Tampak hadir dalam rombongan tersebut Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung hingga Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

Saat menggunakan moda transportasi kereta cepat tersebut, Jokowi kala itu mengaku merasa nyaman meski baru pertama kali mencoba kereta cepat. Presiden mengungkapkan jika keberadaan kereta cepat tersebut merupakan bukti dari sebuah peradaban. Jokowi juga berujar jika tidak terasa sama sekali kala kereta sedang melaju di kecepatan 350km/jam.

“Saya 4 kali datang ke proyek kereta cepat, tapi memang baru pertama kali tadi mencoba. Nyaman dan tadi dengan kecepatan 350 tidak terasa sama sekali baik saat duduk maupun saat berjalan. Ya ini lah peradaban. Kecepatan,” ujar Presiden Jokowi saat melakukan uji coba kereta cepat.