<p>Aplikasi WhatsApp. / Pixabay</p>

Kurban Lewat WhatsApp

  • JAKARTA – Seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi, serta memudahkan masyarakat berdonasi dan berkurban di tengah pandemi COVID-19, Dompet Dhuafa meluncurkan Chat Pay atau WhatsApp Dompet Dhuafa Digital Banking. Kini, kecanggihan teknologi mampu merambah system pembayaran kurban secara daring (online) atau berdonasi melalui aplikasi digital khusus maupun transfer bank. Dengan begitu, adanya Chat Pay menambah […]

Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi, serta memudahkan masyarakat berdonasi dan berkurban di tengah pandemi COVID-19, Dompet Dhuafa meluncurkan Chat Pay atau WhatsApp Dompet Dhuafa Digital Banking.

Kini, kecanggihan teknologi mampu merambah system pembayaran kurban secara daring (online) atau berdonasi melalui aplikasi digital khusus maupun transfer bank. Dengan begitu, adanya Chat Pay menambah daftar layanan kemudahan tersebut.

“Layanan dapat digunakan untuk membayar zakat, sedekah, infak, dan wakaf, yang dapat diakses hanya dengan ponsel pintar,” kata Imam Rulyawan, Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa, Senin, 22 Juni 2020.

Imam mengatakan ragam fitur dan kanal kurban serta donasi, dapat memudahkan masyarakat melakukan transaksi tanpa mengurangi kebermanfaatannya. Untuk itu, Dompet Dhuafa bekerja sama dengan PT BNI Syariah sebagai penyelenggara sistem pembayarannya.

Cara Akses

Untuk dapat mengakses layanan, pengguna tinggal masuk dalam WhatsApp Dompet Dhuafa Digital Banking. Kemudian mendaftarkan diri dengan format Daftar#Nama Lengkap#Email. Setelahnya, akan muncul pilihan MENU, maka petunjuk selanjutnya akan diarahkan pada tiga pilihan yaitu DONASI, KURBAN, dan INFORMASI.

Sebagai contoh jika pengguna memilih KURBAN, selanjutnya akan muncul pilihan KURBAN dengan jenis Domba/kambing Standar (23-28 kg) Rp. 1.490.000 Ketik: STANDAR; Domba/Kambing Medium (29-34 kg) Rp. 1.690.000 Ketik: MEDIUM; Domba/kambing Premium (> 35 kg) Rp. 1.890.000 Ketik: PREMIUM; Sapi (250-300 kg) Rp. 12.975.000 Ketik: SAPI, lalu ketik pilihan kurban contoh (SAPI).

Kemudian secara otomatis muncul Rekening Virtual Account (VA) yang bisa disalin dan digunakan untuk pembayaran melalui transfer via ATM maupun Mobile Banking berserta jumlahnya.

Sementara itu pengamat ekonomi makro, Hendri Saparini mengatakan WhatsApp Pay adalah salah satu inovasi digital yang sangat baik, yang akan memudahkan kegiatan berdonasi masyarakat Indonesia.

“Selain memudahkan bersedekah, aplikasi ini juga memudahkan masyarakat untuk menunaikan ibadah kurban. Masyarakat akan semakin mudah berkurban dengan harga terjangkau sekaligu memberdayakan peternak yang saat ini mereka juga terdampak pandemi COVID-19,” kata Hendri. (SKO)