<p>Karyawan menunjukkan uang rupiah dan dolar AS di Kantor Cabang Plaza Mandiri, Jakarta. Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis sore melemah mendekati Rp16.000 per dolar AS.. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj.</p>
Pasar Modal

Kurs Dolar Hari Ini: Dibayangi Sentimen Negatif Pasar, Rupiah Terus Melemah

  • Rupiah hari ini diprediksi kembali melemah di rentang Rp14.320 - Rp14.360 per dolar AS.
Pasar Modal
Merina

Merina

Author

JAKARTA - Kurs rupiah diprediksi kembali melemah di rentang Rp14.320 - Rp14.360 per dolar Amerika Serikat (AS) hari ini, 21 Januari 2021. Sebelumnya, kurs rupiah ditutup menguat Rp 14.341 pada Kamis, 20 Januari 2022.

Analis keuangan Ariston Tjendra berpendapat, pelemahan rupiah hari ini diiringi dengan adanya pergerakan negatif di pasar saham.

"Mungkin bisa berbalik melemah hari ini seiring dengan pergerakan negatif di pasar saham karena antisipasi pasar menghadapi perubahan kebijakan suku bunga acuan bank sentral AS," ujar Aristo pada TrenAsia.com, Jumat 21 Januari 2022.

Di sisi lain, petunjuk Bank Indonesia terkait kebijakan moneter yang akan lebih ketat pada tahun 2022,  dengan menaikan Giro Wajib Minimum (GWM) secara bertahap yang bertujuan menarik likuiditas rupiah berlebih di pasar ini diprediksi dapat mendorong kenaikan rupiah.

Sebelumnya,  Bank Indonesia (BI)  melalui siaran pers pada Kamis, 20 Januari 2022 kemarin telah mengumumkan untuk menaikan (GWM) rupiah untuk bank umum menjadi 5%., dari sebelumnya yang berada  3,5% pada saat ini.