<p>Karyawan menunjukkan uang Dolar Amerika Serikat (AS) di salah satu Bank BUMN di Jakarta, Selasa 2 Juni 2020. Foto: Ismail Pohan/TreAsia</p>
Pasar Modal

Kurs Dolar Hari Ini: Dibuka Lesu ke Rp14.836 per USD, Rupiah Masih Berpotensi Menguat

  • Nilai tukar rupiah (kurs rupiah) dibuka menguat pada perdagangan via Bloomberg, Selasa, 28 Juni 2022 pukul 08.37 WIB terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di harga Rp14.797 per dolar AS.
Pasar Modal
Agnes Yohana Simamora

Agnes Yohana Simamora

Author

JAKARTA – Nilai tukar rupiah (kurs rupiah) dibuka melemah pada perdagangan via Bloomberg, Selasa, 28 Juni 2022 pukul 09.43 WIB terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di harga Rp14.836 per dolar AS. Rupiah pagi ini melemah hingga 39 poin setara 0,27%.

Menurut analisa dari Analis Keuangan Ariston Tjendra, nilai tukar rupiah berpotensi menguat terhadap dolar Amerika Serikat, dikarenakan sentimen positif terhadap aset berisiko di pasar Asia. Adapun potensi penguatan rupiah di kisaran Rp14.770, dengan potensi pelemahan di kisaran Rp14.830.

"Sama seperti kemarin, pagi ini indeks saham Asia bergerak positif. Selain itu, optimisme pasar terhadap aset berisiko dapat membantu penguatan nilai tukar rupiah," kata Ariston pada TrenAsia.com, Selasa, 28 Juni 2022.

Ditambahkan, pergerakan dolar Amerika Serikat juga bergerak secara stabil dan sedikit tertekan terhadap nilai tukar utama dunia (major currency). Kemudian, The Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga hingga 3 persen hingga akhir tahun untuk menurunkan angka inflasi AS.

Di sisi lain, rupiah masih rentan melemah dikarenakan faktor sentimen The Fed dan kekhawatiran inflasi dan resesi yang belum hilang. Sementara itu, Indonesia sedang dihadapkan oleh kenaikan harga-harga pangan yang dapat menekan pertumbuhan ekonomi.