<p>Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Pasar Modal

Kurs Dolar Hari Ini: Dibuka Menguat, Rupiah Perlu Waspadai Kenaikan Suku Bunga AS

  • - Nilai tukar rupiah (kurs rupiah) dibuka menguat ke harga Rp14.418 per dolar AS (Amerika Serikat) pada perdagangan Selasa, 26 April 2022 naik 35 poin setara dengan 0,25% berdasarkan data Bloomberg.com pukul 09:30 WIB.

Pasar Modal

Merina

Merina

Author

JAKARTA - Nilai tukar rupiah (kurs rupiah) dibuka menguat ke harga Rp14.418 per dolar AS (Amerika Serikat) pada perdagangan Selasa, 26 April 2022 naik 35 poin setara dengan 0,25% berdasarkan data Bloomberg.com pukul 09:30 WIB.

Sebelumnya Analis Keuangan Ariston Tjendra mengungkapkan, kurs rupiah berpotensi mengalami rebound akibat membaiknya sentimen pasar setelah mengalami cukup tekanan dalam perdagangan kemarin.

"Sentimen pasar terhadap aset berisiko terlihat membaik pagi ini setelah semalam indeks saham AS ditutup menguat, kemuidan sebagian indeks saham Asia bergerak menguat. Rupiah sebagai aset berisiko bisa turut menguat," ujar Ariston pada TrenAsia.com, Selasa, 26 April 2022.

Di sisi lain, rupiah perlu tetap mewasapadai sentimen dari naiknya suku bunga acuan AS yang lebih agresif.

Seperti yang diketahui, Bank Sentral AS akan mengadakan rapat moneter pada 3-4 Mei mendatang, yang mana kenaikan suku bunga acuan AS akan menggiring para pelaku pasar beraslih ke dolar karena tingkat imbal hasil AS menjadi lebih menarik.

Kemudian, pasar juga dirasa perlu mewaspadai adanya penyebaran dan lockdown COVID-19 di Cina yang dapat menganggi suplai dan permintaan dan berdampak pada melambatnya perumbuhan ekonomi global.

Ariston menambahkan, potensi penguatan ke kisaran Rp14.400, dengan resisten di kisaran Rp14.460 per dolar AS.