<p>Karyawati menunjukkan mata uang Dolar Amerika dan Rupiah di salah satu teller bank, di Jakarta, Rabu, 3 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Pasar Modal

Kurs Dolar Hari Ini: Jelang Pengumuman Suku Bunga Acuan BI, Rupiah Dibuka Menguat

  • Nilai tukar rupiah (kurs rupiah) dibuka menguat pada perdagangan via Bloomberg, Kamis, 23 Juni 2022 pukul 09.06 WIB terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di harga Rp14.839 per dolar AS.
Pasar Modal
Agnes Yohana Simamora

Agnes Yohana Simamora

Author

JAKARTA – Nilai tukar rupiah (kurs rupiah) dibuka menguat pada perdagangan via Bloomberg, Kamis, 23 Juni 2022 pukul 09.06 WIB terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di harga Rp14.839 per dolar AS. Rupiah pagi ini menguat hingga 23 poin setara 0,16%.

Menurut analisa dari Analis Keuangan Ariston Tjendra, menjelang keputusan moneter Bank Indonesia (BI), nilai tukar rupiah dalam tekanan terhadap dolar Amerika Serikat. Adapun potensi pelemahan rupiah di kisaran Rp14.880-Rp14.900, dengan potensi support di kisaran Rp14.820-Rp14.800.

"Banyak analis memperkirakan BI akan mempertahankan suku bunga acuan yang lama karena kondisi inflasi Indonesia yang terkendali dan Indonesia sedang dalam pemulihan ekonomi," kata Ariston pada TrenAsia.com, Kamis, 23 Juni 2022.

Ditambahkan, terdapat banyak kekhawatiran karena perbedaan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) dan The Fed yang tidak jauh, sehingga memicu pelemahan nilai tukar rupiah lebih dalam lagi terhadap dolar Amerika Serikat.

Selain itu, isu resesi juga dapat menekan nilai tukar rupiah. Apabila semakin banyak bank sentral dunia yang menaikkan suku bunga acuannya, maka akan melambatkan pertumbuhan ekonomi karena penurunan permintaan.

Sementara itu, Gubernur Bank Sentral AS Jerome Powell menyatakan akan menurunkan inflasi Amerika Serikat yang sangat tinggi dengan melakukan pengetatan moneter yang agresif.