<p>Karyawati menunjukkan mata uang Dolar Amerika dan Rupiah di salah satu teller bank, di Jakarta, Rabu, 3 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Pasar Modal

Kurs Dolar Hari Ini: Nilai Rupiah Dibuka Menguat di Level Rp14.866 per USD

  • Kepala Divisi Riset dan Analisis PT Monex Investindo Futures (MIFX) Ariston Tjendra mengatakan, nilai tukar rupiah mengalami penguatan setelah bank sentral AS (The Federal Reserve/The Fed) mengumumkan bahwa ke depannya mereka akan menurunkan agresivitas dalam menaikkan suku bunga.
Pasar Modal
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - Nilai kurs rupiah dibuka menguat 55,5 poin di level Rp14.866 perdolar Amerika Serikat (AS) menurut perdagangan via Bloomberg, Jumat, 29 Juli 2022.

Pada perdagangan sebelumnya, Kamis, 28 Juli 2022, nilai rupiah mengalami penguatan di level Rp14.921,5 perdolar AS.

Kepala Divisi Riset dan Analisis PT Monex Investindo Futures (MIFX) Ariston Tjendra mengatakan, nilai tukar rupiah mengalami penguatan setelah bank sentral AS (The Federal Reserve/The Fed) mengumumkan bahwa ke depannya mereka akan menurunkan agresivitas dalam menaikkan suku bunga.

"Nilai tukar rupiah mungkin bisa menguat lagi hari ini setelah semalam data produk domestik bruto (PDB) kuartal II menunjukkan hasil negatif," ujar Ariston kepada TrenAsia, Jumat, 29 Juli 2022.

Hasil negatif pada PDB AS pun dinilai Ariston dapat memperkuat alasan bagi The Fed untuk tidak terlalu agresif dalam melakukan pengerekan suku bunga di pertemuan berikutnya.

"Ini membantu mendorong pelemahan dolar AS," ungkap Ariston.

Sebagai informasi, pada Rabu, 27 Juli 2022 pukul setempat,The Fed mengumumkan kenaikan suku bunga sebesar 75 basis poin pada pertemuan Juli 2022, seperti yang sudah diekspetasikan oleh pelaku pasar dan analis.

Menurut Ariston, untuk perdagangan hari ini, rupiah berpotensi untuk bergerak di kisaran Rp14.880-Rp14.950 perdolar AS.