<p>Karyawati menunjukkan mata uang rupiah dan dolar di kantor cabang Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 22 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Pasar Modal

Kurs Dolar Hari Ini : Pasar Optimis Dengan Pemulihan Ekonomi, Rupiah Berpotensi Menguat Tipis

  • Nilai tukar rupiah (kurs rupiah) diperkirakan dapat menguat tipis terhadap dolar AS (Amerika Serikat) di rentang Rp14.370 - Rp14.420 per dolar AS, pada perdagangan Rabu, 9 Februari 2022.
Pasar Modal
Merina

Merina

Author

JAKARTA - Nilai tukar rupiah (kurs rupiah) diperkirakan dapat menguat tipis terhadap dolar AS (Amerika Serikat) di rentang Rp14.370 - Rp14.420 per dolar AS, pada perdagangan Rabu, 9 Februari 2022.

Menurut Analis keuangan Ariston Tjendra, pergerakan nilai rupiah hari ini diiringi oleh sentimen positif pasar terhadap aset berisiko.

" Optimisme pasar terhadap pemulihan ekonomi masih mendukung sentimen positif tersebut," ujar Ariston pada TrenAsia.com, Rabu, 9 Februari 2022.

Selain itu, indeks Asia terlihat bergerak menguat pada pagi ini, serta indek saham AS dan sebagian indeks Eropa  berhasil ditutup menguat pada perdagangan Selasa, 8 Februari 2022 kemarin.

Sebelumnya, indeks AS dan Eropa ditutup naik ditengah respon pasar terkait rilis kinerja emiten serta pasar yang menunggu rilis data inflasi.

Di sisi lain, dari dalam negeri faktor kenaikan inflasi dan kenaikan harga minyak mentah, serta ekspektasi pasar terhadap kebijakan pengetatan moneter AS yang diprediksi akan lebih agresif dapat memberikan penekan pada nilai rupiah

Tak hanya itu, penularan COVID19 yang masih menggeliat juga memberikan dampak negatif terhadap pergerakan harga rupiah.