<p>Karyawati menunjukan mata uang Rupiah dan Dolar AS di Jakarta, Kamis, 18 Februari 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Pasar Modal

Kurs Dolar Hari Ini: Rilis Data Inflasi Juni, Rupiah Dibuka Melemah ke Rp14.903 per USD

  • Nilai tukar rupiah (kurs rupiah) dibuka melemah pada perdagangan via Bloomberg, Jumat 1 Juli 2022 pukul 08.50 WIB terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di harga Rp14.903 per dolar AS.
Pasar Modal
Agnes Yohana Simamora

Agnes Yohana Simamora

Author

JAKARTA – Nilai tukar rupiah (kurs rupiah) dibuka melemah pada perdagangan via Bloomberg, Jumat 1 Juli 2022 pukul 08.50 WIB terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di harga Rp14.903 per dolar AS. Rupiah pagi ini melemah hingga 50 poin setara 0,34%.

Menurut analisa dari Analis Keuangan Ariston Tjendra, nilai rupiah hari ini masih berpotensi melemah karena isu The Fed dan resesi. Adapun potensi pelemahan rupiah di kisaran Rp14.950, dengan potensi support di kisaran Rp14.880.

"Anjloknya pasar saham global menunjukkan kekhawatiran pasar meningkat terhadap isu resesi. Selain itu, data inflasi Amerika Serikat masih mendukung kebijakan kenaikan suku bunga acuan Amerika Serikat yang agresif," kata Ariston pada TrenAsia.com, Jumat, 1 Juli 2022.

Ditambahkan, menurut Data Core PCE Index Amerika Serikat bulan Mei, angka inflasi yang tinggi dekat dengan level tertinggi dalam 40 tahun. Serta, pada bulan Juli The Fed diperkirakan akan kembali menaikkan suku bunga acuan sebesar 75 bps, menjadi 2,25-2,50 persen.

Sementara itu, di Indonesia data inflasi yang terus meninggi dapat menambah sentimen negatif terhadap rupiah. Kemudian, inflasi bulan Juni diperkirakan meningkat dibandingkan bulan sebelumnya karena kenaikan harga pangan. Adapun kenaikan inflasi tersebut dapat menekan daya beli dan pertumbuhan ekonomi.