Pasar Modal

Kurs Dolar Hari Ini: Rupiah Berpotensi Tak Bertenaga Imbas Mahalnya Minyak Mentah

  • Nilai tukar rupiah (kurs rupiah) masih berpotensi melemah pada perdagangan Rabu, 2 Maret 2022 di kisaran harga Rp14.300 - Rp14.370 per dolar AS (Amerika Serikat).
Pasar Modal
Merina

Merina

Author

JAKARTA- Nilai tukar Rupiah (kurs Rupiah) masih berpotensi melemah pada perdagangan Rabu, 2 Maret 2022 di kisaran harga Rp14.300 - Rp14.370 per dolar AS (Amerika Serikat).

Analis Keuangan Ariston Tjendra dalam risetnya mengungkapkan, pergerakan nilai Rupiah dipengaruhi oleh naiknya harga minyak mentah ke kisaran US$100 per barel.

"Harga minyak mentah dan komoditas lainnya menguat karena perang Rusia dan Ukraina belum akan selesai dalam waktu dekat," kata Ariston pada TrenAsia.com, Rabu, 2 Maret 2022.

Seperti yang diketahui, Rusia telah melakukan invasi ke Ukraina dan saat ini telah bersiap merebut ibu kota Ukraina, sehingga berlanjutnya perang ini dikhawatirkan akan mengganggu suplai energi dan komoditi.

Sementara itu, kenaikan harga minyak mentah dan komoditi dapat berpengaruh terhadap inflasi global yang dapat menahan laju pemulihan ekonomi. 

Hal ini juga berdampak pada keluarnya para pelaku pasar dari aset bersiko untuk sementara waktu, sehingga berpotensi memberikan tekanan pada nilai Rupiah.