<p>Karyawati menunjukan mata uang Rupiah dan Dolar AS di Jakarta, Kamis, 18 Februari 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Pasar Modal

Kurs Dolar Hari Ini : Rupiah Dibuka Melemah ke Rp14.699 per USD, Sentimen The Fed Belum Berakhir

  • Nilai tukar rupiah (kurs rupiah) dibuka melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di harga Rp14.699 per dolar AS.
Pasar Modal
Agnes Yohana Simamora

Agnes Yohana Simamora

Author

JAKARTA – Nilai tukar rupiah (kurs rupiah) dibuka melemah pada perdagangan via Bloomberg, Rabu, 15 Juni 2022 pukul 08.58 WIB terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di harga Rp14.699 per dolar AS. Rupiah pagi ini melemah hingga 17 poin setara 0,12%.

Menurut analisa dari Analis Keuangan Ariston Tjendra, pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat belum berakhirnya sentimen The Fed. Adapun potensi pelemahan rupiah di kisaran Rp14.730, dengan potensi penguatan di kisaran Rp.14650.

"Saat ini pelaku pasar berekspektasi suku bunga acuan Amerika Serikat akan dinaikkan lebih tinggi, yaitu sebesar 75 basis poin dari ekspektasi sebelumnya 50 basis poin. Hal ini dikarenakan inflasi konsumen dan produsen Amerika Serikat bulan Mei berada di level tinggi," kata Ariston pada TrenAsia.com, Rabu, 15 Juni 2022.

Di sisi lain, pasar menduga kenaikan suku bunga The Fed akan berkurang setelah dilakukan rapat dan dapat mendorong sebagian pelaku pasar kembali masuk ke pasar setelah jatuh dalam harga aset berisiko. Hal ini dapat mendorong penguatan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat .

Sementara itu, pasar mulai berburu aset berisiko untuk mendapatkan peluang di tengah pertumbuhan ekonomi, termasuk di Indonesia.