<p>Karyawati menunjukkan mata uang rupiah dan dolar di kantor cabang Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 22 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Pasar Modal

Kurs Dolar Hari Ini: Rupiah Dibuka Melemah, Pasar Masih Dibayangi Perubahan Kebijakan Moneter AS

  • Nilai tukar rupiah (kurs rupiah) dibuka melemah pada perdagangan via Bloomberg terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di harga Rp14.696 per dolar AS.
Pasar Modal
Agnes Yohana Simamora

Agnes Yohana Simamora

Author

JAKARTA – Nilai tukar rupiah (kurs rupiah) dibuka melemah pada perdagangan via Bloomberg, Selasa, 17 Mei 2022 pukul 09.00 terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di harga Rp14.696 per dolar AS, melemah 84 poin atau 0,57%.

Menurut analisa dari Analis Keuangan Ariston Tjendra, pasar diharuskan berantisipasi terhadap perubahan kebijakan pengetatan moneter AS yang lebih agresif di bulan yang akan datang.

"Rupiah mungkin masih bisa melemah terhadap dolar AS hari ini. Potensi pergerakan rupiah berada di kisaran Rp14.550 sampai dengan Rp14.650. Juga indeks dolar Amerika Serikat (AS) tercatat masih berada di level tinggi di kisaran 104.2, " kata Ariston pada TrenAsia.com, Selasa, 17 Mei 2022.

Di sisi lain, harga aset berisiko di sesi Asia terlihat positif dan indeks saham Asia bergerak dengan baik. Tidak hanya itu saja, sebagian nilai emerging markets juga menguat terhadap dolar AS yang digunakan sebagai penahan pelemahan rupiah.

Sementara itu, surplus neraca perdagangan dalam negeri pada bulan April, dapat digunakan sebagai penahan pelemahan rupiah.